Representasi proses menjadi waria dalam film "The Danish Girl"

Oscar, Felicia Anjanette (2017) Representasi proses menjadi waria dalam film "The Danish Girl". Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (482kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengungkap bagaimana proses menjadi waria direpresentasikan dalam film “The Danish Girl”. Peneliti menggunakan metode analisis semiotika dan mengambil perangkat-perangkat kode televisi milik John Fiske untuk melihat bagaimana isu mengenai waria dalam film tersebut dibedah dengan melihat kode-kode sosial dalam kode pertelevisian John Fiske. Adegan-adegan dalam film ini kemudian di pilah sesuai dengan lima kategorisasi proses menjadi waria. Kelima kategorisasi ini mengacu pada teori ideal-typical career path of male femaling milik Richard Ekins dan menjadi sub bab analisis dalam penelitian ini. Dalam mengamati kategorisasi tersebut, peneliti menggunakan metode John Fiske dari level realitas, level representasi, dan level ideologi. Melalui tiga level teori semiotika John Fiske ini akan dianalisis beberapa kode-kode sosial yang terdapat di dalamnya seperti kostum pemain, gesture dan ekspresi, kerja kamera, pencahayaan, latar, dan dialog. Kode-kode sosial kemudian di analisis dengan melihat paradigma dan sintagma yang terepresentasi ke dalam scene-scene film untuk menangkap makna yang terbentuk. Melalui analisis semiotika John Fiske yang melihat makna dari setiap level realitas, representasi, dan ideologi, peneliti dapat menyimpulkan proses menjadi waria direpresentasikan oleh tokoh Einar dalam film “The Danish Girl” sebagai sesuatu yang wajar dan bukan suatu penyimpangan. Keinginan menjadi wanita dalam film ini di tangkap oleh peneliti mengandung nilai individualisme, dimana seseorang memiliki kebebasan dalam memilih. Dalam film ini seorang laki-laki memiliki kebebasan untuk memilih dan memperjuangkan keyakinan yang ia miliki untuk menjadi wanita. Keputusan untuk menjadi waria kemudian juga mendapat dukungan dan bantuan dari banyak pihak seperti istri dan beberapa orang di sekitarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Communication Science" not defined]
Uncontrolled Keywords: Semiotika, representasi, John Fiske, the codes of television, kode sosial televisi, waria, ideal-typical career path of male femaling, film
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 4837 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2017 09:10
Last Modified: 19 Dec 2017 09:10
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12866

Actions (login required)

View Item View Item