Studi kuantitatif deskriptif tentang interaksi sosial remaja di komunitas Gamers Surabaya

Gondo, Austiannawati (2017) Studi kuantitatif deskriptif tentang interaksi sosial remaja di komunitas Gamers Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak(1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (BAB 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Remaja sebagai makhluk sosial dalam kehidupannya tidak dapat hidup dalam kesendirian, remaja memiliki dorongan atau keinginan untuk berhubungan dan berinteraksi dengan sesamanya. Interaksi terjadi apabila seorang individu melakukan tindakan, sehinga menimbulkan reaksi dari individu-individu yang lain, karena itu interaksi terjadi dalam suatu tindakan sosial. Salah satu wadah untuk membangun interaksi sosial adalah komunitas gamers. Namun game sendiri memiliki dampak negatif yang salah satunya adalah menurunnya kemampuan interaksi sosial remaja. Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antar orang-orang perorangan, antara kelompok-kelompok manusia, maupun antar orang perorangan dengan kelompok manusia. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran interaksi sosial remaja di komunitas gamers Surabaya. Subjek penelitian (N=114) adalah remaja berusia 13 hingga 18 tahun yang bermain game dan tergabung di komunitas gamers Surabaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik incidental sampling, sedangkan pengumpulan data menggunakan skala interaksi sosial. Pengambilan data dilakukan dengan dua cara yaitu melalui google forms dan penyebaran kuesioner secara langsung. Data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif menggunakan bantuan program komputer SPSS for windows versi 24. Dengan mendapatkan validitas berkisar antara 0.342 hingga 0.796 dan koefisien reliabilitas 0.871. Hasil penelitian menunjukan bahwa interaksi sosial remaja di komunitas gamers Surabaya tergolong tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game, interaksi sosial, remaja, Surabaya
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 4847 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2017 01:08
Last Modified: 20 Dec 2017 01:08
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/12889

Actions (login required)

View Item View Item