Locus of control dan penyesuaian diri pada mahasiswa tahun pertama Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya yang berasal dari Indonesia Timur

Fransiska, . (2017) Locus of control dan penyesuaian diri pada mahasiswa tahun pertama Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya yang berasal dari Indonesia Timur. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Keputusan seorang mahasiswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi di pulau Jawa bukanlah hal yang mudah, secara khusus bagi mahasiswa yang berasal dari Indonesia Timur. Mereka membutuhkan penyesuaian diri agar dapat bertahan dalam situasi sulit yang harus dihadapi pada saat awal perkuliahan. Penyesuaian diri merupakan suatu proses yang dilakukan oleh mahasiswa tahun pertama untuk mengatasi ketegangan serta konflik yang dialami agar sesuai dengan kebutuhan dari lingkungannya. Salah satu faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri adalah faktor kepribadian, yaitu locus of control. Locus of control merupakan penilaian dari individu mengenai sejauh mana individu percaya bahwa mereka dapat mengendalikan peristiwa penting dalam hidup mereka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan antara locus of control dan penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya yang berasal dari Indonesia Timur. Partisipan pada penelitian ini sebanyak 195 mahasiswa (N=195) yang merupakan mahasiswa UKWMS tahun pertama yang berasal dari Indonesia Timur. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total population. Pengumpulan data menggunakan translasi Internal-External Locus of Control Scale dan skala penyesuaian diri. Penelitian ini dilakukan dengan uji korelasi Kendals_tau b menggunakan SPSS for Windows versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara locus of control dan penyesuaian diri pada mahasiswa tahun pertama Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya yang berasal dari Indonesia Timur dengan p=0,076 (p>0,05). Peneliti menduga bahwa temuan penelitian yang berbeda dengan teori dan hasil penelitian sebelumnya yang sudah dilakukan adalah karena adanya kelemahan-kelemahan dalam penelitian ini, yaitu aitem yang terlalu banyak, partisipan dalam kondisi lelah saat pengisian skala, proses translasi yang tidak lengkap, adanya kendala pada partisipan dalam pemahaman bahasa terhadap alat ukur, serta penyesuaian diri mahasiswa yang baik karena adanya komunitas yang mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycholoy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian diri, Locus of Control, Mahasiswa Tahun Pertama, berasal dari Indonesia Timur.
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2017 07:57
Last Modified: 21 Dec 2017 13:50
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/12910

Actions (login required)

View Item View Item