Pengaruh kontrak utang, biaya politik, dan asimetri informasi terhadap keputusan revaluasi aset tetap pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia

Wibowo, Oktavia Velicia Cindy (2017) Pengaruh kontrak utang, biaya politik, dan asimetri informasi terhadap keputusan revaluasi aset tetap pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)

Abstract

Model revaluasi diatur dalam PSAK Nomor 16 (2007) dan dipercaya lebih relevan karena menyajikan nilai aset sesuai dengan nilai sesungguhnya sehingga diperkirakan dapat menimbulkan respons pasar karena adanya peningkatan nilai aset. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kontrak utang, biaya politik, dan asimetri informasi terhadap keputusan revaluasi aset tetap. Selain itu dilakukan uji tambahan untuk menguji dan menganalisis perbedaan respons pasar pada perusahaan yang melakukan revaluasi aset tetap dan tidak melakukan revaluasi aset tetap. Desain penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan hipotesis. Jenis data adalah data kuantitatif berupa laporan keuangan, tanggal pengumuman laporan keuangan, harga saham, dan IHSG. Sumber data adalah situs BEI, Saham OK, dan Yahoo!Finance semuanya berupa data sekunder. Objek penelitian adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2012-2016. Teknik analisis data model utama adalah regresi logistik dan teknik analisis data untuk uji tambahan adalah uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan kontrak utang tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan revaluasi aset tetap, biaya politik berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan revaluasi aset tetap, dan asimetri informasi berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan revaluasi aset tetap. Uji tambahan juga membuktikan bahwa tidak terdapat perbedaan respons pasar pada perusahaan yang melakukan revaluasi dan tidak melakukan revaluasi karena peningkatan nilai aset bukan dikarenakan peningkatan kinerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Kontrak utang, biaya politik, asimetri informasi, revaluasi aset tetap, respons pasar.
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Oktavia Velicia Cindy Wibowo
Date Deposited: 04 Jan 2018 06:59
Last Modified: 04 Jan 2018 06:59
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/12974

Actions (login required)

View Item View Item