Pengaruh modified audit opinion terhadap financial constraint pada perusahaan perdagangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2016

Wijaya, Maharani Putri (2017) Pengaruh modified audit opinion terhadap financial constraint pada perusahaan perdagangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2016. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)

Abstract

Setiap perusahaan membutuhkan dana dalam kegiatan operasinya sebagai sumber keuangan. Kreditor dan investor merupakan pihak yang dituju untuk dapat menyediakan dana. Kredibilitas laporan keuangan perusahaan yang tercermin dari opini audit dapat menjadi pertimbangan kreditor dan investor dalam membuat keputusan penyediaan dana. Terdapat kemungkinan bahwa modified audit opinion dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam memperoleh pinjaman dan melakukan pengeluaran investasi. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis apakah modified audit opinion mempengaruhi terjadinya financial constraint pada perusahaan. Desain penelitian adalah kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Data penelitian adalah data kuantitatif yaitu laporan keuangan dan laporan auditor independen tahun 2012-2016. Objek penelitian adalah perusahaan perdagangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016. Teknik analisis data adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modified audit opinion tidak berpengaruh signifikan terhadap borrowing cash flow (BCF) dan investment cash flow (ICF) yang merupakan proksi dari financial constraint karena opini audit bukan menjadi satu-satunya pertimbangan kreditor dan investor dalam membuat keputusan penyediaan dana. Ukuran perusahaan dan leverage berpengaruh positif signifikan sedangkan ICF, pertumbuhan, dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan jika dilihat dari BCF. Namun, ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan sedangkan pertumbuhan tidak berpengaruh signifikan jika dilihat dari ICF.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Modified audit opinion, borrowing cash flow, investment cash flow
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Maharani P. Wijaya
Date Deposited: 08 Jan 2018 01:13
Last Modified: 08 Jan 2018 01:13
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/13002

Actions (login required)

View Item View Item