K-Drama : industri kreatif berbasis budaya populer

Wibowo, Wahyudi (2013) K-Drama : industri kreatif berbasis budaya populer. In: Budaya Halluya Korea. INAKOS dan Pusat Studi Korea Universitas Gadjah Mada, pp. 19-28.

[img]
Preview
Text
Budaya Hallyu_Inakos_WahyudiW.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://issuu.com/inakos/docs/buku_6__1_

Abstract

Gelombang Korea sedang melanda tanah air. Tentu yang dimaksud bukanlah gelombang tsunami atau semacamnya, melainkan terpaan gelombang pengaruh budaya populer dari semenanjung Korea (Korean wave, Hallyu). Namun, sama seperti gelombang ombak di pantai, pengaruh budaya populer Korea pun datang bergulung-gulung. Bermula dengan riak-riak kecil, kemudian gelombang besar menerpa, menerjang dan bahkan menghanyutkan. Hal ini terbukti melalui maraknya tayangan drama Korea (K-drama) serta bermunculannya boyband dan girlband Indonesia yang mengekor gaya musik pop Korea (K-Pop), atau juga lewat hadirnya drama sinetron kolaborasi Indonesia-Korea “Saranghae, I Love You” dan yang terakhir film “Hello Goodbye” yang berlokasi di Korea. Fenomena gelombang Korea memang mengacu pada popularitas produk-produk kreatif Korea yang mendunia. Produk-produk kreatif tersebut memberikan tawaran inovasi baru bagi industri hiburan, yang mencakup film dan drama televisi, musik pop, animasi, games dan sejenisnya. Namun yang menarik, terpaan gelombang Korea di Indonesia maupun di negara-negara lain, sebenarnya berawal dengan hadirnya tayangan drama-drama Korea pada akhir tahun 1990an. Sejak itu masyarakat dunia menjadi semakin akrab dengan berbagai produk kreatif Korea, termasuk fenomena demam Gangnam style yang kini melanda dunia. Tulisan ini hendak mengulas secara ringkas mengenai perkembangan dan pengaruh gelombang budaya populer Korea, dalam hal ini terutama K-Drama, sebagai sebuah industri kreatif yang tidak hanya mampu mengangkat citra positif masyarakat dan negara Korea sebagai kekuatan baru di panggung dunia, namun juga berdampak luas bagi kemajuan perekonomian negara tersebut. Tulisan ini diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat pembaca pada umumnya, maupun menyumbangkan gagasan bagi pengembangan industri kreatif di tanah air.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Budaya Hallyu, K-Pop, indutri kreatif, budaya pop
Subjects: Business
Communication Science
Business > International Business Management
Business > Management
Divisions: Faculty of Business > International Business Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Wahyudi Wibowo
Date Deposited: 23 Jan 2018 07:14
Last Modified: 23 Jan 2018 08:07
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/13026

Actions (login required)

View Item View Item