Pengaruh suhu dan lama penyimpanan terhadap perubahan kadar theaflavin dan thearubigin, kadar air dan aktivitas air teh hitam yang dikemas pada kemasan low density polyethilen (ldpe) 0,03mm

Wiharja, Andri (2015) Pengaruh suhu dan lama penyimpanan terhadap perubahan kadar theaflavin dan thearubigin, kadar air dan aktivitas air teh hitam yang dikemas pada kemasan low density polyethilen (ldpe) 0,03mm. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (445kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (791kB) | Preview

Abstract

Teh memiliki nilai fungsional yaitu adanya kandungan antioksidan yang tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat memperlambat terjadinya proses oksidasi. Teh hitam memiliki karakteristik yang khas yaitu kandungan theaflavin dan thearubigin. Kandungan theaflavin dan thearubigin tersebut merupakan indikator yang menentukan kualitas teh hitam. Teh yang disimpan pada suhu yang berbeda-beda akan mengalami perubahan pada kadar theaflavin, thearubigin dan kadar air. Perubahan tersebut dapat dihambat dengan mengemas teh hitam dalam plastik low density poliethilen (LDPE) Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh suhu penyimpanan terhadap kadar senyawa theaflavin dan thearubigin, kadar air dan aktivitas air dari teh hitam BP1 pada kemasan LDPE. Rancangan penelitian yang digunakan adalah RAK (Rancangan Acak Kelompok) dengan dua faktor, yaitu suhu penyimpanan dan lama penyimpanan yang diberlakukan pada masing-masing teh hitam. Pengulangan dilakukan sebanyak dua kali untuk setiap perlakuan. Parameter yang diuji adalah kadar senyawa theaflavin dan thearubigin. Parameter pendukung yang diuji adalah kadar air dan aktifitas air. Data yang diperoleh dianalisa statistik dengan uji ANOVA (Analysis of Varians) pada α = 5%, jika ada beda nyata dilanjutkan dengan uji Beda Jarak Nyata Duncan (Duncan’s Multiple Range Test) untuk menentukan taraf perlakuan yang memberikan perbedaan nyata. Hasil pengujian menunjukkan ada interaksi antara suhu lingkungan dan waktu penyimpanan terhadap kadar theaflavin dan thearubigin, kadar air dan aktivitas air teh hitam. Kadar air dan aktivitas air teh hitam cenderung menyesuaikan dengan RH lingkungan. Perbandingan kadar theaflavin dan thearubigin semakin menurun dengan meningkatnya suhu penyimpanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculity of Agricultural Tehnology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Teh hitam, theaflavin, thearubigin, kadar air, aktifitas air, LDPE
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 18 Jan 2018 07:24
Last Modified: 01 Mar 2018 05:09
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13140

Actions (login required)

View Item View Item