Hubungan antara harga diri (self-esteem) dan hasil proses pembelajaran pada mahasiswa Fakultas Kedokteran UKWMS angkatan 2015 dan 2016

Jayamahe, Daniel (2017) Hubungan antara harga diri (self-esteem) dan hasil proses pembelajaran pada mahasiswa Fakultas Kedokteran UKWMS angkatan 2015 dan 2016. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah dan tujuan penelitian: Menurut WHO, remaja adalah penduduk dalam rentang usia 10-19 tahun. Di dunia diperkirakan kelompok remaja berjumlah 1,2 milyar atau 18% dari jumlah penduduk dunia. Harga diri (self-esteem) yang rendah pada seseorang pada masa remajanya dapat menimbulkan berbagai masalah akademik, olahraga, penampilan, dan interaksi sosial. Juga akan menggangu proses pikir konsentrasi belajar dan hubungan dengan orang lain terutama bagi mereka yang masih mengikuti pendidikan sehingga mempengaruhi proses belajarnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara harga diri (self-esteem) dan hasil proses pembelajaran pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya angkatan 2015 dan 2016. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain analitik observational, dengan metode pengambilan sampel cross sectional dan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian dilakukan pada tanggal 21 Agustus 2017 sampai 4 September 2017 dilakukan dengan pengisian kuesioner skala self-esteem oleh responden dan wawancara dan pencatatan hasil nilai IPK dari Kartu Hasil Studi. Hasil Penelitian: Analisis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji Spearman untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil analisis data didapatkan nilai p=0,000 dan nilai koefisien korelasi 0,379 sehingga dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara harga diri (self-esteem) dengan hasil proses pembelajaran pada mahasiswa Fakultas Kedokteran UKWMS dengan tingkat korelasi rendah. Pembahasan, kesimpulan, dan saran: Dari penelitian ini disimpulkan bahwa harga diri (self-esteem) memiliki hubungan dengan hasil proses pembelajaran. Mahasiswa diharapkan dapat mengoptimalkan potensi diri dengan cara meningkatkan taraf harga diri, sehingga dapat meningkatkan hasil proses pembelajaran. Agar dapat menjadi dokter yang lebih kompeten di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: harga diri, hasil proses pembelajaran, mahasiswa fakultas kedokteran.
Subjects: Medicine
Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medical Study Program
Depositing User: Users 4996 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2018 09:04
Last Modified: 30 Jan 2018 09:04
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/13244

Actions (login required)

View Item View Item