Studi terapi antibiotik pada pasien hospital-acquired pneumonia dikaitkan dengan biaya di RSUD DR. Soetomo Surabaya

Anggraini, Revicha (2017) Studi terapi antibiotik pada pasien hospital-acquired pneumonia dikaitkan dengan biaya di RSUD DR. Soetomo Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (703kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy

Abstract

Pneumonia nosokomial adalah pneumonia yang terjadi setelah pasien 48 jam dirawat di rumah sakit. Antibiotik merupakan terapi untuk pneumonia nosokomial. Prinsip Intensitas penggunaan antibiotik yang relatif tinggi selain berdampak pada morbiditas dan mortalitas, juga memberi dampak negatif terhadap ekonomi dan sosial yang sangat tinggi yaitu dengan peresepan antibiotik yang mahal akan berdampak pada tidak terbelinya antibiotik oleh pasien, sehingga mengakibatkan terjadinya kegagalan terapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui studi terapi antibiotik pada pasien HAP dikaitkan dengan biaya di IRNA SMF Paru Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo Surabaya. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi observasional secara deskriptif dan pengumpulan data dilakukan secara retrospektif berdasarkan rekam medik periode Januari-Desember 2016. Sampel yang digunakan sebanyak 30 pasien dengan terapi antibiotik yang berbeda. Studi terapi antibiotik dilakukan dengan melakukan pengamatan profil penggunaan terapi antibiotik berdasarkan outcome perbaikan klinik kemudian dilakukan pengamatan antara outcome perbaikan klinik dengan jumlah total biaya antibiotik masing-masing. Berdasarkan data pengamatan didapatkan hasil bahwa Antibiotik yang paling banyak digunakan pada perawatan pasien HAP adalah Levofloxacin, Ceftriaxone, kombinasi Levofloxacin dengan Ceftriaxone, kombinasi Levofloxacin dengan Ceftazidim, dan kombinasi Levofloxacin dengan Meropenem. Terdapat perbedaan biaya antibiotik dengan ke lima jenis antibiotik yang digunakan. Perbedaan biaya antibiotik dengan ke lima jenis antibiotik diikuti juga perbedaan perbaikan klinik pada masing-masing antibiotik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Studi terapi antibiotik, pneumonia nosokomial, antibiotik, Biaya antibiotik, RSUD Dr.Soetomo Surabaya.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 5051 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2018 11:08
Last Modified: 23 Jan 2018 11:08
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13251

Actions (login required)

View Item View Item