Pengaruh Enviromental Management Accounting (EMA) terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening

Anjarwasana, Yudith Listyani (2018) Pengaruh Enviromental Management Accounting (EMA) terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy

Abstract

Kinerja keuangan perusahaan merupakan hasil akhir dari kinerja manajemen selama periode tertentu yang ditandai dengan besarnya laba. Profit (laba) merupakan hal penting, karena pada umumnya masyarakat akan menilai kondisi perusahaan melalui laba. Namun, dalam mencapai kinerja keuangan yang baik perusahaan juga harus memperhatikan dampak dari kegiatan operasionalnya, hal inilah yang dikenal dengan tanggung jawab sosial. Environmental Management Accounting (EMA) merupakan salah satu pendekatan tepat untuk menangani masalah lingkungan dimana dengan informasi yang didapat maka perusahaan dapat menemukan potensi penghematan biaya sekaligus memenuhi pertanggungjawaban lingkungan. Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap nilai perusahaan karena adanya pertumbuhan profit melalui upaya minimalisasi biaya oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh EMA terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening. Belum banyaknya penelitian akuntansi mengenai EMA dan masih tergolong jarang dilakukan khususnya di Indonesia. Desain penelitian adalah kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Obyek penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2016. Sampel perusahaan dipilih dengan teknik purposive sampling. Jenis data kuantitatif & kualitatif bersumber sekunder yaitu berupa laporan tahunan.Teknik analisis data dengan metode SEM & pengujian regresi menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa EMA tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan baik secara langsung mapun tidak langsung melalui kinerja keuangan, karena tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan hidup masih rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Environmental management accounting (EMA), akuntansi manajemen lingkungan, nilai perusahaan, kinerja keuangan perusahaan, kinerja lingkungan perusahaan.
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Yudith Listyani Anjarwasana
Date Deposited: 23 Jan 2018 06:58
Last Modified: 23 Jan 2018 06:58
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/13318

Actions (login required)

View Item View Item