Hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang pemberian asi dengan pola ibu menyusui di Puskesmas Waru Kabupaten Sidoarjo tahun 2017

Dos Santos, Vilma Idriana Aurora José Maria (2017) Hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang pemberian asi dengan pola ibu menyusui di Puskesmas Waru Kabupaten Sidoarjo tahun 2017. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (698kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Secara global angka kematian anak sebagian besar disebabkan karena infeksi berulang dan faktor gizi. Promosi Air Susu Ibu (ASI) eksklusif dan pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) yang tepat dapat mengurangi risiko penyakit kronis, angka morbiditas dan mortalitas pada balita. Pemberian ASI eksklusif adalah ASI yang diberikan kepada bayi sejak dilahirkan selama enam bulan, tanpa menambahkan dan/atau mengganti dengan makanan atau minuman lain (kecuali obat, vitamin dan mineral), pemberian ASI secara eksklusif bisa memberikan manfaat bagi ibu dan bayi. Tujuan penelitian ini adalah mempelajari hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang pemberian ASI dengan pola ibu menyusui di Puskesmas Waru, Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik, jenis studi observasional dengan studi cross sectional, dan tehnik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi spearman. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Waru Kabupaten Sidoarjo pada bulan Agustus sampai September 2017. Jumlah populasi penelitian ini adalah 100 orang. Instrumen penelitian berupa kuesioner. Hasilnya signifikansi sebesar (p=0,049), sehingga dapat disimpulkan ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang pemberian ASI dengan pola ibu menyusui di Puskesmas Waru Kabupaten Sidoarjo. Nilai koefisien korelasi sebesar (r=0,197) yang menunjukan bahwa korelasi positif dengan kekuatan sangat lemah antara tingkat pengetahuan ibu dan pola ibu menyusui. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat pengetahuan ibu, semakin tinggi pola ibu menyusui. Peningkatan pengetahuan dan pola menyusui dapat mengurangi risiko penyakit kronis, angka morbiditas dan mortalitas pada balita. Penelitian ini bermanfaat sebagai sarana edukasi, dan diharapkan tenaga kesehatan dapat bekerjasama dengan pemerintah dalam mempromosikan ASI eksklusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Medicine" not defined]
Uncontrolled Keywords: pemberian ASI, pola ibu menyusui, pengetahuan ibu
Subjects: Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Faculty of Medicine > Medical Study Program
Depositing User: Users 4992 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2018 06:30
Last Modified: 02 Feb 2018 06:30
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13348

Actions (login required)

View Item View Item