Pengaruh pemberian buah pare (Momordica charantia L.) dalam bentuk fruit pulp terhadap parameter farmakokinetika kombinasi obat diabetes pioglitazone dan metformin

Tjokroaminjaya, Felicia (2017) Pengaruh pemberian buah pare (Momordica charantia L.) dalam bentuk fruit pulp terhadap parameter farmakokinetika kombinasi obat diabetes pioglitazone dan metformin. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh buah pare dalam bentuk sediaan fruit pulp terhadap parameter farmakokinetika kombinasi obat pioglitazone dan metformin pada enam kelinci New Zealand yang telah diinduksi diabetes mellitus sebelumnya. Keenam subyek mendapatkan dua perlakuan, dimana perlakuan A setiap subyek mendapat obat kombinasi pioglitazone dan metformin saja sedangkan pada perlakuan B setiap subyek mendapatkan fruit pulp buah pare bersamaan dengan obat kombinasi pioglitazone dan metformin. Penelitian ini menggunakan rancangan crossover design. Penetapan kadar pioglitazone dan metformin menggunakan metode spektrofotometri secara simultan dan penetapan kadar gula darah menggunakan glucose test kit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian buah pare dalam bentuk fruit pulp secara signifikan (α=0,05) mempengaruhi parameter farmakokinetika tetapan laju eliminasi (Ke) dan waktu paruh eliminasi (t1/2) pioglitazone dan parameter farmakokinetik tetapan laju eliminasi (Ke) dan waktu paruh eliminasi (t1/2) tetapan laju absorbsi (Ka), konsentrasi puncak plasma (Cmaks) dan lag time (t0) dari metformin sebagai akibat dari pemberian terapi secara bersamaan. Pemberian buah pare dalam bentuk sediaan fruit pulp pada terapi kombinasi pioglitazone dan metformin secara bersamaan memberikan perbedaan kadar gula darah bermakna antara perlakuan A dan B. Penurunan gula darah perlakuan B lebih besar dibandingkan perlakuan A. Oleh karena itu, buah pare dalam bentuk fruit pulp dapat digunakan sebagai terapi pendamping obat kombinasi diabetes pioglitazone dan metformin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: farmakokinetika, fruit pulp buah pare, metformin, spektrofotometri simultan, pioglitazone
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 5010 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2018 09:15
Last Modified: 13 Jul 2018 03:28
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13374

Actions (login required)

View Item View Item