Analisis perbedaan kualitas informasi akuntansi sebelum dan sesudah adopsi penuh IFRS pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia

Po, Nehemia Edward P., . (2018) Analisis perbedaan kualitas informasi akuntansi sebelum dan sesudah adopsi penuh IFRS pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)

Abstract

Dengan diadopsinya IFRS, diharapkan kualitas laporan keuangan suatu perusahaan dapat menjadi lebih baik. Laporan keuangan dikatakan berkualitas apabila memenuhi karakteristik kualitatif, yang salah satunya adalah relevansi. IFRS adalah standar akuntansi keuangan internasional yang menggunakan fair value dalam menyusun laporan keuangan. Penggunaan fair value lebih mencerminkan nilai pada saat laporan keuangan disusunsehingga IFRS dapat meningkatkan relevansi nilai informasi akuntansi. Penggunaan IFRS dalam menyusun laporan keuangan menuntut adanya full disclosure karena IFRS yang berbasis prinsip memberi ruang untuk alternatif-alternatif dalam penyusunan laporan keuangan bermunculan. Dengan full disclosure diharapkan dapat menurunkan asimetri informasi yang ada dan membuat laporan keuangan perusahaan semakin transparan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan kualitas informasi akuntansi sebelum dan sesudah adopsi penuh IFRS. Desain penelitian adalah kuantitatif dengan hipotesis. Jenis data adalah kuantitatif dan sumber data adalah data sekunder. Objek penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2010-2013 dengan sampel 48 perusahaan yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kualitas informasi akuntansi sebelum dan sesudah pengadopsian IFRS baik pada relevansi nilai maupun asimetri informasi. Hal ini diduga karena banyak perusahaan belum siap menerapkan standar yang baru dalam menyusun laporan keuangannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: IFRS, kualitas informasi akuntansi, relevansi nilai, asimetri informasi.
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Po Nehemia Edward P .
Date Deposited: 26 Jan 2018 01:58
Last Modified: 26 Jan 2018 01:58
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/13461

Actions (login required)

View Item View Item