Pengaruh kepemilikan keluarga dan mekanisme corporate governance terhadap agresivitas pajak

Sutrisno, Jonathan Eldwin (2017) Pengaruh kepemilikan keluarga dan mekanisme corporate governance terhadap agresivitas pajak. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)

Abstract

Masalah perpajakan dihadapi oleh banyak negara. Masalah seperti rendahnya penerimaan pajak, rendahnya tingkat kepatuhan pajak hingga terjadinya penyelewengan dan penyimpangan pajak. Terkait hal-hal tersebut disebabkan karena rendahnya tingkat kepatuhan masyarakat sebagai wajib pajak. Perilaku tidak patuh pajak ini sudah tercermin dari perilaku masyarakat, khususnya perusahaan sebagai entitas bisnis yang cenderung membayar pajak dalam jumlah lebih kecil dan menggunakan strategi-strategi perpajakan yang agresif. Keputusan untuk melakukan agresivitas pajak oleh perusahaan ini didasari untuk memperoleh penghematan biaya pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan keluarga dan mekanisme corporate governance terhadap agresivitas pajak. Variabel independen yang digunakan adalah kepemilikan keluarga dan mekanisme corporate governance dengan proksi dewan komisaris independen, komite audit, dan kepemilikan institusional serta variabel dependen yaitu agresivitas pajak. Variabel kontrol yang digunakan, yaitu ukuran perusahaan. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2016 dan harus memenuhi kriteria dalam pengambilan sampel. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemilikan keluarga, dewan komisaris independen, dan komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak. Kepemilikan institusional berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak. Variabel kontrol ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap agresivitas pajak. Hal ini menunjukan bahwa kepemilikan keluarga, dewan komisaris independen, dan komite audit belum mampu mengintepretasi tindakan agresivitas pajak pada perusahaan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Agresivitas pajak, kepemilikan keluarga, corporate governance, dewan komisaris independen, komite audit, kepemilikan institusional
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Jonathan Eldwin Sutrisno
Date Deposited: 25 Jan 2018 09:10
Last Modified: 25 Jan 2018 09:10
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/13491

Actions (login required)

View Item View Item