Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan segmen operasi dan dampaknya terhadap biaya ekuitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Santoso, Athena Ratih (2018) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan segmen operasi dan dampaknya terhadap biaya ekuitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)

Abstract

Perusahaan yang melakukan strategi diversifikasi harus mengungkapkan informasi yang ada pada setiap segmen operasi perusahaan untuk dapat menjelaskan keadaan sesungguhnya perusahaan tersebut. Pengungkapan segmen operasi sangat dibutuhkan, utamanya bagi para investor agar dapat mengetahui kinerja manajemen, potensi pertumbuhan masing-masing segmen, dan juga mengindikasi adanya risiko yang mungkin muncul, yang juga akan berpengaruh terhadap biaya ekuitas yang akan ditanggung oleh perusahaan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah menguji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan segmen operasi serta dampaknya terhadap biaya ekuitas. Desain penelitian adalah kuantitatif dengan hipotesis. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yaitu laporan keuangan dan harga saham, dimana semuanya berupa data sekunder. Objek penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010-2016. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa likuiditas dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan segmen operasi, ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan segmen operasi, kualitas audit dan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan segmen operasi. Sedangkan pengungkapan segmen operasi berpengaruh negatif signifikan terhadap biaya ekuitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Segmen operasi, pengungkapan segmen operasi, biaya ekuitas
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Athena Ratih Santoso
Date Deposited: 26 Jan 2018 05:51
Last Modified: 26 Jan 2018 05:51
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/13629

Actions (login required)

View Item View Item