Pengaruh karakteristik dewan komisaris dan karakteristik perusahaan terhadap risk management committee

Yolinda, Yunik Ike (2018) Pengaruh karakteristik dewan komisaris dan karakteristik perusahaan terhadap risk management committee. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (708kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)

Abstract

Luasnya tugas dan tanggung jawab komite audit tidak terlepas dari adanya risiko kesalahan yang menyebabkan keraguan dalam kompetensinya untuk berfungsi secara efektif dan efisien dalam melakukan pengawasan manajemen risiko yang cukup sehingga mengabaikan beberapa risiko. Oleh sebab itu, dewan komisaris membentuk fungsi pengawasan yang disebut RMC. RMC adalah komite pengawas yang dibentuk oleh dewan komisaris yang tergabung dengan komite audit. Keberadaan RMC menunjukkan bahwa penerapan tata kelola perusahaan dan fungsi pengawasan manajemen risiko lebih baik daripada perusahaan yang hanya menggunakan komite audit. Hal ini dikarenakan RMC mengungkapkan informasi risiko secara transparan dan menerapkan prinsip akuntabilitas. Penelitian ini menggunakan perusahaan non keuangan yang terdaftar di BEI pada periode 2014-2015. Sampel yang akan digunakan dalam penelitian sebanyak 515 perusahaan non keuangan yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Sumber data diperoleh dari laporan tahunan (annual report) dan laporan keuangan perusahaan non finansial go public yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik analisis data menggunakan regresi logistik dengan menggunakan pengujian hipotesis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi komisaris independen, ukuran dewan komisaris, frekuensi rapat dewan komisaris, risiko laporan keuangan, leverage, dan jenis industri tidak berpengaruh signifikan terhadap RMC. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap RMC.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Proporsi komisaris independen, ukuran dewan komisaris, frekuensi rapat dewan komisaris, risiko laporan keuangan, ukuran perusahaan, leverage, jenis industri, risk management committee.
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 5285 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2018 08:53
Last Modified: 30 Jan 2018 08:53
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13777

Actions (login required)

View Item View Item