Pengaruh rasio profitabilitas dan leverage terhadap harga saham pada perbankan di Bursa Efek Indonesia periode 2014–2016

Nathaniel, Yorghi (2017) Pengaruh rasio profitabilitas dan leverage terhadap harga saham pada perbankan di Bursa Efek Indonesia periode 2014–2016. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (842kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)

Abstract

Harga Saham dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah informasi keuangan perusahaan. Investor sebelum melakukan investasi akan melakukan analisis terhadap perusahaan agar imbalan atas investasi sesuai dengan yang diharapkan serta analisis risiko atas investasi. Selanjutnya terjadi penawaran dan permintaan saham perusahaan yang dapat memberikan pengaruh terhadap harga saham. Atas hal tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh rasio keuangan yaitu profitabilitas dan leverage terhadap harga saham perusahaan perbankan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode 2014 sampai dengan 2016, baik secara simultan maupun parsial. Adapun rasio keuangan yang digunakan yaitu Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), dan Debt to Equity Ratio (DER). Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel yang digunakan ada 39 perusahaan perbankan yang diperoleh dengan teknik Purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan yang dipublikasikan oleh Indonesia Stock Exchange (IDX). Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil atas penelitian menujukkan bila secara parsial, variabel ROE dan DER memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham perbankan, sedangkan EPS memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Secara simultan, variabel ROE, EPS, dan DER memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham pada perusahaan perbankan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Rasio profitabilitas, rasio leverage, harga saham
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Yorghi Nathaniel
Date Deposited: 30 Jan 2018 08:11
Last Modified: 30 Jan 2018 08:11
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13792

Actions (login required)

View Item View Item