Pengaruh mekanisme good corporate governance pada nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai pemoderasi

Ristiyana, Yemima Lia (2018) Pengaruh mekanisme good corporate governance pada nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai pemoderasi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)

Abstract

Nilai perusahaan mencerminkan nilai aset yang dimiliki perusahaan yang dapat meningkatkan kemakmuran pemilik atau pemegang saham. Oleh karena itu, mengoptimalkan nilai perusahaan merupakan salah satu tujuan utama yang harus dicapai perusahaan. Dalam memaksimalkan nilai perusahaan, mekanisme good corporate governance diperlukan untuk mengurangi konflik keagenan dan meningkatkan kinerja perusahaan agar menciptakan nilai tambah dan meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menguji pengaruh mekanisme good corperate governance pada nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai pemoderasi. Variabel independen yang diambil adalah kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan dewan komisaris independen. Variabel moderasi yang dipilih adalah profitabilitas. Objek penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 121 perusahaan manufaktur yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Sumber data diperoleh dari laporan keuangan tahunan. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme good corporate governance yang diproksikan dengan kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh pada nilai perusahaan. Mekanisme good corporate governance yang diproksikan dewan komisaris independen berpengaruh signifikan pada nilai perusahaan. Profitabilitas tidak mampu memoderasi kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan dewan komisaris independen pada nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai perusahaan, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dewan komisaris independen, profitabilitas.
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 5281 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2018 03:32
Last Modified: 31 Jan 2018 03:32
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/13797

Actions (login required)

View Item View Item