Pengembangan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe make a match berbantuan media simulasi PhET pada pokok bahasan fluida dinamis untuk melatih keaktifan dan meningkatkan hasil belajar siswa SMAK Stella Maris Surabaya

Novianto, Klara Paulina (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe make a match berbantuan media simulasi PhET pada pokok bahasan fluida dinamis untuk melatih keaktifan dan meningkatkan hasil belajar siswa SMAK Stella Maris Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe make a match berbantuan media simulasi PhET pada pokok bahasan fluida dinamis untuk melatih keaktifan dan hasil belajar siswa SMAK Stella Maris Surabaya. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa (BS), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan Rencana Evaluasi (RE). Perangkat pembelajaran tersebut telah divalidasi oleh ahli dan diperoleh hasil validasi perangkat pembelajaran rata-rata sebesar 3,7 dengan kategori sangat valid. Perangkat pembelajaran telah diujicobakan pada 26 siswa kelas XI MIPA-2 SMAK Stella Maris Surabaya dengan hasil dapat melatihkan keaktifan dan meningkatkan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan tercapainya indikator keberhasilan, yaitu: keterlaksanaan RPP sebesar 79,15% terlaksana dengan baik, keaktifan siswa sebesar 86% dengan kategori siswa dapat terlatih dengan sangat aktif, dan peningkatan hasil belajar siswa yaitu rata-rata N-gain score 0,69 berkategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Tipe Make a Match, Fluida Dinamis, Keaktifan, Hasil Belajar
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 5319 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2018 07:44
Last Modified: 08 Feb 2018 07:44
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13841

Actions (login required)

View Item View Item