Pengembangan perangkat pembelajaran fisika tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan demonstrasi pada pokok bahasan dinamika rotasi untuk melatihkan keaktifan siswa dan meningkatkan hasil belajar di SMA Hang Tuah 1 Surabaya

Widoseno, Ardy (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran fisika tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan demonstrasi pada pokok bahasan dinamika rotasi untuk melatihkan keaktifan siswa dan meningkatkan hasil belajar di SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (982kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika dengan menggunakan model kooperatif tipe TPS pada pokok bahasan Dinamika Rotasi untuk dapat melatihkan keaktifan dan meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran fisika yang terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Buku Siswa (BS), dan Rencana Evaluasi (RE) yang telah melewati uji ahli dengan hasil sangat baik. Hasil validasi memberikan skor 3.69 untuk RPP, 3.45 untuk Buku Siswa, 3.56 untuk LKS, dan untuk Rencana Evaluasi 3.54 Perangkat pembelajaran telah diujicobakan pada 41 siswa kelas XI-IPA A SMA Hang Tuah 1 Surabaya dengan hasil keaktifan siswa yang baik dan dapat meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan indikator keberhasilan, penelitian ini telah terlaksana dengan cukup baik karena dalam proses pembelajaran seluruh aspek dalam RPP terlaksana dengan sangat baik yaitu 84,56%, keaktifan siswa 75,60% dapat terlatih dengan baik dan ditunjukkan dengan siswa mengalami peningkatan hasil belajar yaitu rata-rata N-Gain berkategori sedang 0,37. Dengan demikian, perangkat pembelajaran fisika tipe TPS berbantuan demonstrasi dapat melatihkan keaktifan dan meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Hang Tuah 1 Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, dinamika rotasi, pembelajaran kooperatif, Think Pair and Share (TPS)
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 5318 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2018 07:00
Last Modified: 02 Feb 2018 07:00
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/13850

Actions (login required)

View Item View Item