Penerapan pembelajaran tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar fisika siswa kelas XII TPM SMKK St. Louis Surabaya

Sari, Ratika Dwi Ratna (2018) Penerapan pembelajaran tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar fisika siswa kelas XII TPM SMKK St. Louis Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan di SMKK St. Louis Surabaya diketahui bahwa siswa kelas XII TPM yang berjumlah 21 orang mengalami kesulitan pada proses pembelajaran khususnya mata pelajaran fisika dan sebagian siswa kurang aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai ulangan tengah semester siswa yang hanya 29% memenuhi SKM dengan nilai rata-rata kelas 60,2. Proses pembelajaran dikatakan tuntas apabila nilai siswa memenuhi SKM yaitu ≥75. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut peneliti memutuskan untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan pembelajaran tipe STAD dikelas tersebut. Indikator keberhasilan penelitian ditetapkan minimal 75% siswa aktif dalam pembelajaran, minimal nilai rata-rata kelas XII TPM adalah 75, minimal 75% siswa kelas XII TPM mencapai SKM, keterlaksanaan RPP dengan pembelajaran STAD minimal 80%. Untuk mencapai indikator keberhasilan, Penelitian Tindakan Kelas harus dilaksanakan dalam dua siklus. Pada akhir siklus I diperoleh keaktifan siswa sebesar 45%, hasil belajar siswa sebesar 43%, keterlaksanaan RPP sebesar 95,1% dan pada akhir siklus II diperoleh keaktifan siswa sebesar 79%, hasil belajar siswa sebesar 81%, dan keterlaksanaan RPP sebesar 95,1%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan pembelajaran STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, STAD, Keaktifan, Hasil belajar
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 5372 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2018 07:38
Last Modified: 08 Feb 2018 07:38
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/14004

Actions (login required)

View Item View Item