Pengaruh dividend dan leverage terhadap investment efficiency dan nilai perusahaan dengan kepemilikan institusional sebagai moderasi pada perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia

Jotopurnomo, Sofiani (2018) Pengaruh dividend dan leverage terhadap investment efficiency dan nilai perusahaan dengan kepemilikan institusional sebagai moderasi pada perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Masters thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)

Abstract

Perusahaan selalu menginginkan nilai perusahaan yang terus meningkat untuk memaksimalkan kesejahteraan pemegang saham. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut maka diperlukan fungsi pengawasan yang baik. Masalah transparansi merupakan masalah klasik yang selalu dihadapi oleh berbagai perusahaan, dimana seringkali manajemen dan pemilik perusahaan memiliki ekspektasi dan kebijakan yang tidak sejalan. Pemegang saham selalu menginginkan kesejahteraan yang terus meningkat dalam jangka panjang, sedangkan manager cenderung untuk memenuhi keinginan pribadi akan kinerja yang lebih baik dalam jangka pendek. Fenomena ini dikenal dengan istilah konflik keagenan. Penelitian ini menjadi menarik karena berusaha untuk menggabungkan kedua mekanisme pengawasan aktif dan pengawasan pasif yang diarahkan untuk mengendalikan investasi yang pada akhirnya mempengaruhi nilai perusahaan. Fokus penelitian ini adalah pada moderasi kepemilikan institusional terhadap hubungan pengaruh kebijakan dividen dan hutang terhadap investasi, secara khusus pada kondisi underinvestment dan overinvestment. Penelitian ini mengambil sampel 132 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dimana diambil periode pengamatan mulai tahun 2013 hingga 2016. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis jalur dan moderated regression analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dividen dan leverage berpengaruh negative dan signifikan terhadap kondisi underinvestment. Akan tetapi, dalam kondisi overinvestment, dividen tidak cukup signifikan untuk mempengaruhi level efisiensi investasi, tetapi leverage mampu mempengaruhi level efisiensi investasi. Hasil penelitian lebih jauh juga membuktikan bahwa kepemilikan institusional memoderasi pengaruh dividen terhadap underinvestment sehingga pengaruh dividen terhadap underinvestment semakin kuat, akan tetapi moderasi ini tidak signifikan. Selain itu, kepemilikan institusional memoderasi pengaruh leverage terhadap underinvestment sehingga pengaruh leverage terhadap underinvestment semakin kuat, akan tetapi moderasi ini juga tidak signifikan. Demikian juga pada kondisi overinvestment dimana kepemilikan institusional memoderasi pengaruh dividen terhadap overinvestment sehingga pengaruh dividen terhadap overinvestment semakin kuat, akan tetapi moderasi ini tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Graduate School" not defined]
Uncontrolled Keywords: Underinvestment, over investment, dividend, leverage
Subjects: Business > Financial Management
Divisions: Graduate School > Master Program in Management
Depositing User: Users 5425 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2018 02:16
Last Modified: 09 Mar 2018 02:16
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/14300

Actions (login required)

View Item View Item