Peran moderasi perceived corporate social responsibility dalam pengaruh trust terhadap loyalitas dan repurchase intention pada air minum dalam kemasan merek Aqua di Surabaya

Susanti, Christina Esti (2012) Peran moderasi perceived corporate social responsibility dalam pengaruh trust terhadap loyalitas dan repurchase intention pada air minum dalam kemasan merek Aqua di Surabaya. Journal of Management and Business Review, 9 (2). pp. 137-153. ISSN 1829-8176

[thumbnail of Peran Moderasi Perceived Corporate Social Responsibility Dalam PengaruhTrust Terhadap Loyalitas dan Repurchase Intention Pada Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua di Surabaya.pdf]
Preview
Text
Peran Moderasi Perceived Corporate Social Responsibility Dalam PengaruhTrust Terhadap Loyalitas dan Repurchase Intention Pada Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua di Surabaya.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2_5Peran Moderasi Perceived Corporate Social Responsibility Dalam PengaruhTrust Terhadap Loyalitas dan Repurchase Intention Pada Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua di Surabaya.pdf]
Preview
Text
2_5Peran Moderasi Perceived Corporate Social Responsibility Dalam PengaruhTrust Terhadap Loyalitas dan Repurchase Intention Pada Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua di Surabaya.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada lingkungan persaingan bisnis masa kini, manajer pemasaran berusaha mengalokasikan sumber daya mereka ke dalam program-program yang dirancang untuk memuaskan konsumen dan membangun hubungan jangka panjang yang stabil antara perusahaan dengan konsumen. Hubungan jangka panjang dengan konsumen menguntungkan perusahaan karena selain jangka pendek memberikan profitabilitas dalam jangka panjang juga berdampak pada daya tahan dan perkembangan perusahaan. Hubungan jangka panjang mengandaikan adanya trust yang diberikan konsumen kepada perusahaan. Dengan kata lain, trust berpengaruh terhadap loyalitas dan retensi konsumen. Itulah sebabnya, manajer pemasaran sangat tertarik untuk mengetahui dampak trust, loyalitas, dan CSR terhadap customer retention (repurchase intention) sehingga dapat mengembangkan profitabilitas jangka panjang perusahaan. Pada saat yang sama, tidaklah mengejutkan apabila para akademisi dan praktisi juga mencoba untuk memahami determinan trust, loyalitas pelanggan, repurchase intention, dan CSR. Penelitian ini mengkaji tiga masalah utama yang terdapat pada konteks air minum dalam kemasan Merek Aqua di Surabaya. Pertama, menguji pengaruh antara customer trust terhadap customer loyalty. Kedua, menguji pengaruh perceived CSR sebagai moderasi pada hubungan antara customer trust dengan customer loyalty. Ketiga menguji pengaruh customer loyalty terhadap repurchase intention. Air minum dalam kemasan Merek Aqua dipilih sebagai konteks penelitian karena aktivitasnya menyumbang 10 liter air bersih di Indonesia Bagian Timur untuk setiap pembelian 1 liter yang dilakukan oleh konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived CSR memiliki peran yang kuat dan positif didalam pengaruh Trust terhadap Loyalitas. Sedangkan Trsut berpengaruh kuat terhadap Loyalitas dan Loyalitas berpengaruh cukup kuat terhadap repurchase intention. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat manajerial bagi perusahaan air minum dalam kemasan Merek Aqua maupun manfaat pengembangan teoritis dalam pemasaran sehubungan dengan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perceived corporate social responsibility, trust, Loyalitas, repurchase intention
Subjects: Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Vincentius Widya Iswara
Date Deposited: 20 Feb 2015 02:16
Last Modified: 15 Jul 2016 06:51
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/1434

Actions (login required)

View Item View Item