Pengaruh service quality, trust, corporate image, marketing communication terhadap customer behavior intention melalui customer satisfaction pada pelaku usaha mikro makro kecil menengah kerajinan mebel di AKUMINDO Jatim

Kartika, Chandra (2018) Pengaruh service quality, trust, corporate image, marketing communication terhadap customer behavior intention melalui customer satisfaction pada pelaku usaha mikro makro kecil menengah kerajinan mebel di AKUMINDO Jatim. PhD thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (984kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 OK.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2 OK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3 Ok.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4 Ok.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Sektor Jasa memeliki peranan yang sangat penting dalam menunjang perkembangan ekonomi di berbagai negara, salah satu sektor jasa yang berkembang saat ini adalah sektor jasa asosiasi. Sektor jasa asosiasi mengalami perkembangan semakin meningkat dan meningkatkan persaingan bisnis di dalam dunia bisnis. Bisnis yang sedang berkembang jika tidak memakai perantara asosiasi sebagai penjebatani tingkat perkembangan pemasarannya, dan semakin minimnya paradigma para pelaku usaha khususnya di UMKM kerajinan furniture/mebel di Jawa Timur tentang asosiasi. maka dari itu hal ini menyebabkan perlunya dilakukan analisis dan pembelajaran mengenai customer behavior intention dengan customer satisfaction pada pelaku UMKM yang menjadi anggota di asosiasi AKUMINDO JATIM. Unit analisis penelitian ini adalah pelaku usaha mikro kecil menengah khusunya di bidang kerajinan furniture/mebel di Jawa Timur. Jumlah populasi berdasarkan 473 responden anggota/pelaku UMKM, menggunakan instrument skala likert 1-5 untuk menentukan persepsi responden sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan Accidental Purposive Sampling dan peneliti menetapkan responden sebesar 200 pelaku UMKM bidang kerajinan furniture/mebel dari 20 kota di Jawa Timur yang menjadi anggota dari AKUMINDO JATIM. Teknik Analisis dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Models dengan software AMOS 22. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa service quality Service quality (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Satisfaction (Y1). Hal ini berarti bahwa setiap ada peningkatan Service quality (X1) maka akan meningkatkan Customer Satisfaction (Y1). Dalam studi ini diterima. Trust (X2) berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Customer Satisfaction (Y1). Hal ini berarti bahwa setiap ada peningkatan Trust (X2) maka tidak akan mempengaruhi peningkatan atau penurunan Customer Satisfaction (Y1). Dalam studi ini ditolak.Corporate image (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Satisfaction (Y1). Hal ini berarti bahwa setiap ada peningkatan Corporate image (X3) maka akan meningkatkan Customer Satisfaction (Y1). Marketing communication (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Satisfaction (Y1). Hal ini berarti bahwa setiap ada peningkatan Marketing communication (X4) maka akan meningkatkan Customer Satisfaction (Y1). Hasil uji ini menunjukkan dalam studi ini diterima. Service quality (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Behavioral Intention (Y2). Hal ini berarti bahwa setiap ada peningkatan Service quality (X1) maka akan meningkatkan Customer Behavioral Intention (Y2). Hasil uji ini menunjukkan bahwa studi ini diterima. Marketing communication (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Behavioral Intention (Y2). Hal ini berarti bahwa setiap ada peningkatan Marketing communication (X4) maka akan meningkatkan Customer Behavioral Intention (Y2). Dalam studi ini diterima. Customer Satisfaction (Y1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Behavioral Intention (Y2). Hal ini berarti bahwa setiap ada peningkatan Customer Satisfaction (Y1) maka akan meningkatkan Customer Behavioral Intention (Y2). Penelitian ini dengan konsep customer behavior intention (CBI) dalam sektor jasa asosiasi berdasarkan teori customer behavior intention. Sertor jasa asosiasi yang membedakan tingkat customer satisfaction dengan customer behavior intention. Bahwa dalam penelitian ini ditemukan customer satisfaction memberikan efek yang lebih besar pada customer behavioral intention dan dapat mempengaruhi secara langsung corporate image terhadap customer satisfaction. Temuan studi ini menemukan adanya customer satisfaction memberikan efek terbesar tidak langsung terbesar terhadap corporate image dan bisa mengefek pengaruhnya terhadap customer behavior intention. Secara keseluruhan penelitian ini menghasilkan bahwa dimensi corporate image memberikan efek total terbesar pada pada customer behavior intention, selanjutnya marketing communication dapat memberikan efek total terbesar terhadap customer behavior intention . image dari perusahaan semakin baik berarti semakin terpenuhi harapan para pelaku UMKM dalam meningkatkan kepuasan serta akan meningkatkan niat perilaku para anggota/pelaku UMKM dalam memilih asosiasi AKUMINDO JATIM.

Item Type: Thesis (PhD)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Graduate School" not defined]
Uncontrolled Keywords: Service quality, trust ,corporate image, marketing communication, customer behavior intention, customer satisfaction
Subjects: Business > Management
Divisions: Graduate School > Doctoral Program in Management Science
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 12 Mar 2018 07:20
Last Modified: 13 Jun 2019 07:26
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/14340

Actions (login required)

View Item View Item