Perbedaan tingkat stres dan gejala somatik antara mahasiswa fakultas kedokteran dan keperawatan di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Rajawali, David (2017) Perbedaan tingkat stres dan gejala somatik antara mahasiswa fakultas kedokteran dan keperawatan di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 7)
BAB_7.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
daftar lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Berdasarkan survei pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti pada bulan Desember 2016, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa banyak menderita gejala somatik, mahasiswa tidak mengetahuinya, tidak diterapi, mengganggu aktivitas sehari-hari mahasiswa. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis perbedaan tingkat stres dan gejala somatik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Fakultas Keperawatan di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Selain itu tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis korelasi antara tingkat stres dan gejala somatik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Fakultas Keperawatan di Universitas Katolik. Metode: Desain penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional studies. Hasil: Jumlah responden yang ikut serta pada penelitian ini sebanyak 200 responden yang terdiri dari 100 mahasiswa Fakultas Kedokteran dan 100 mahasiswa Fakultas Keperawatan. Pada penelitian ini didapatkan uji perbedaan Chi-Square tingkat stress dengan nilai p= 0,213 dan gejala somatik dengan nilai p= 1,000. Selain itu didapatkan uji korelasi Kendall-Tau C di Fakultas Kedokteran dengan nilai p= 0,000; r= 0,441 dan di Fakultas Keperawatan dengan nilai p= 0,33; r= 0,224. Kesimpulan: Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat stres tidak bermakna antara mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Fakultas Keperawatan. Terdapat perbedaan gejala somatik tidak bermakna antara mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Fakultas Keperawatan.Terdapat korelasi positif, kuat, dan bermakna antara tingkat stres dengan gejala somatik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran. Terdapat korelasi positif, lemah, dan bermakna antara tingkat stres dengan gejala somatik pada mahasiswa Fakultas Keperawatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gejala somatik, somatic symptom and related disorder, tingkat stres
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Medical Study Program
Depositing User: Users 5049 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2018 03:17
Last Modified: 10 Apr 2018 03:17
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/14357

Actions (login required)

View Item View Item