Penerapan kombinasi model pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMAK diponegoro Blitar pokok bahasan pembiasan cahaya

Chrisnawati, Yuni, (2013) Penerapan kombinasi model pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMAK diponegoro Blitar pokok bahasan pembiasan cahaya. Other thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (42kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMA Katolik Diponegoro Blitar ditemukan bahwa prestasi belajar fisika kelas X-E masih rendah ( mencapai Standar Ketuntasan Minimum 29% dan rata-rata kelas 56,78 ). Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa menggunakan kombinasi model pembelajaran langsung dan model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah tercapai peningkatan nilai rata-rata kelas dari keadaan awal 56,78, siklus pertama 61,95 meningkat menjadi 75,52 pada akhir siklus dua. Demikian juga terjadi peningkatan prosentase standar ketuntasan minimum dari keadaan awal 29%, siklus pertama 37,04 meningkat menjadi 70,73% pada akhir siklus dua, pada siklus ini telah memenuhi indikator yang telah ditentukan, oleh karena penelitian ini dapat dihentikan. Karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan kombinasi model pembelajaran langsung dan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan prestasi belajar. Kata Kunci: Kombinasi, penelitian tindakan kelas, pembiasan cahaya.

Item Type: Thesis (Other)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty Of teacher training and education" not defined]
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2014 07:56
Last Modified: 30 Sep 2014 07:56
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/144

Actions (login required)

View Item View Item