Penerapan pembelajaran tipe Jigsaw berbantuan demonstrasi untuk meningkatkan keterlibatan dan prestasi belajar siswa pokok bahasan suhu dan kalor di SMA IPIEMS [CD-ROM]

Bisara, Apriliska Ivonemaro (2013) Penerapan pembelajaran tipe Jigsaw berbantuan demonstrasi untuk meningkatkan keterlibatan dan prestasi belajar siswa pokok bahasan suhu dan kalor di SMA IPIEMS [CD-ROM]. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SMA IPIEMS, peneliti menemukan keterlibatan dan prestasi belajar siswa masih rendah. Hal ini dilihat dari nilai rata–rata ulangan fisika adalah 66,88 dengan prosentase ketuntasan 42,85% sedangkan prosentase keterlibatan adalah 48,57%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan demonstrasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Tahap-tahap penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa SMA IPIEMS yang terdiri dari 13 laki-laki dan 22 perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan keterlibatan dan prestasi belajar siswa. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 74,68 dengan prosentase ketuntasan 68,57%, sedangkan prosentase keterlibatan 68,57%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 78,85 dengan prosentase ketuntasan 82,85% sedangkan prosentase keterlibatan adalah 88,57%. Kata Kunci:, Keterlibatan, pembelajaran tipe jigsaw, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty Of teacher training and education" not defined]
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2014 08:10
Last Modified: 20 Jan 2015 03:42
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/145

Actions (login required)

View Item View Item