Sutanto, Elbert Christian (2018) Kepuasan Anggota @sbytubers dalam Menggunakan Media Sosial YouTube. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (387kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (355kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB V .pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (911kB) | Request a copy |
Abstract
Menurut Ruggiero (2000), dalam jurnal yang berjudul Uses and Gratification Theory in the 21st Century mengatakan bahwa pendekatan uses and gratification digunakan dalam penggunaan media massa baru seperti surat kabar, radio, televisi, dan kini internet (media sosial). Dengan media sosial yang terus berkembang di Indonesia dengan sifat audiens yang dapat memilih secara bebas media sosial apa yang akan dipakai dan digunakan maka hal ini akan menciptakan motif dan tujuan yang berbeda-beda dari setiap audiens yang ada untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasannya.YouTube merupakan salah satu dari banyaknya media sosial yang sedang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia khususnya di surabaya ada @sbytubers. @sbytubers sendiri merupakan komunitas yang terbentuk oktober 2015, dan bertujuan untuk mewadahi dan menjadi tempat diskusi YouTubers Surabaya mulai dari yang pemula hingga sudah jago. Penelitian ini sendiri berfokus terhadap Gratification Sought atau sebelum menggunakan media sosial dan Gratification Obtained atau setelah menggunakan media sosial menggunakan teori motif dalam menggunakan media sosial yang dikembangkan oleh Anita Whitting dan David William dengan judul Why People Use Social Media(2013). Terdapat 10 indikator dalam teori ini yaitu Social interaction,Information seeking, Pass time, Entertainment, Relaxation, Expression of opinions, Communicatory utility, Convenience utility, Information sharing, Surveillance. penelitian ini menggunakan metode Survey dengan menggunakan instrumen kuisioner dengan penyebaran secara simple random sampling. Hasil dari penelitian ini adalah secara keseluruhan anggota @sbytubers merasa puas dalam menggunakan media sosial YouTube namun ada 2 dari 10 indikator yang anggota @sbytubers tidak mendapatkan kepuasan, indikator yang pertama adalah Information Seeking dan indikator Social Interactions. Anggota @sbytubers mendapatkan kepuasan pada indikator Information sharing, Pass time, Entertainment, Relaxation, Expression of opinions, Communicatory utility, Convenience utility, Surveillance.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Communication Science" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Penerimaan, Penggambaran, Feminisme, film Hidden Figure dan Reception Analysis. |
Subjects: | Communication Science |
Divisions: | Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program |
Depositing User: | Users 5473 not found. |
Date Deposited: | 24 Oct 2018 11:12 |
Last Modified: | 24 Oct 2018 11:12 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/14573 |
Actions (login required)
View Item |