Penerapan pembelajaran kooperatif dengan game puzzle berbantuan media komputer untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa di SMA Kristen GKLB Luwuk

Naram, Alice, (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif dengan game puzzle berbantuan media komputer untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa di SMA Kristen GKLB Luwuk. Other thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (62kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMA Kristen GKLB (Gereja Kristen Luwuk Banggai) di Luwuk diketahui bahwa prestasi belajar dan keaktifan siswa kelas X-A masih tergolong rendah. Prosentase siswa yang mencapai Standar Ketuntasan Minimum (SKM) 32% dengan rata-rata kelas 62,47 dan prosentase keaktifan siswa sebesar 26%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Optika Geometri dengan menerapkan pembelajaran kooperatif dengan game puzzle berbantuan media komputer. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah minimal 75% siswa aktif dan minimal 75% siswa memenuhi SKM dengan skor rata-rata kelas ≥70. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang dilaksanakan dari tanggal 22 Maret 2013 sampai dengan 24 Mei 2013. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan game puzzle berbantuan media komputer dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Pada akhir siklus I, prosentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 63% dengan skor rata-rata kelas 65,63 dan keaktifan siswa meningkat menjadi 58%. Pada akhir siklus II, prosentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 84% dengan skor ratarata kelas 78,26 dan keaktifan siswa meningkat menjadi 79%. Kata kunci:, Kooperatif, Game Puzzle, Media berbasis komputer, keaktifan, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty Of teacher training and education" not defined]
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2014 08:15
Last Modified: 30 Sep 2014 08:15
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/146

Actions (login required)

View Item View Item