Pengalaman Keluarga dalam Merawat Lansia di Rumah (Studi Fenomenologi)

Panglipurningsih, Ninda Ayu Prabasari and Juwita, Linda and Maryuti, Ira Ayu (2017) Pengalaman Keluarga dalam Merawat Lansia di Rumah (Studi Fenomenologi). Jurnal Ners Lentera, 5 (1). pp. 56-68. ISSN 2338-6341

[img]
Preview
Text (Pengalaman Keluarga dalam Merawat Lansia di Rumah (Studi Fenomenologi) (Family Experience in Caring for Eldery at Home (Phenomenological Study)))
pengalaman keluarga.pdf

Download (69kB) | Preview
Official URL: http://journal.wima.ac.id/index.php/NERS/article/v...

Abstract

Lansia dalam perawatan di rumah terkadang memerlukan bantuan keluarga sebagai caregiver. Pengalaman keluarga dalam merawat membutuhkan perhatian dan waktu yang lebih seperti kebutuhan pemenuhan makan, mandi, berganti pakaian. Keluarga mengungkapkan lansia kadang sikapnya seperti anak kecil sehingga tidak jarang keluarga bertengkar dengan lansia karena salah paham. Hal inilah yang membuat keluarga sering salah dalam merespon keadaan karena perubahan pada lansia. Desain penelitian yang digunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan data dengan mengeksplorasi dan menggambarkan pengalaman keluarga (caregiver) dalam merawat lansia. Populasi penelitian ini adalah keluarga (caregiver) yang merawat lansia di rumah di Wilayah RW II Kelurahan Gebang Putih Kecamatan Sukolilo Surabaya. Partisipan adalah subyek yang diteliti dan dianggap mewakili seluruh populasi. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah total responden. Pengumpulan data dilakukan dengan interview kemudian dianalisis menggunakan metode Collaizi. Hasil menunjukkan terdapat dua belas tema dalam pengalaman keluarga merawat lansia yaitu konsep lansia yang dipahami oleh keluarga, kebutuhan dasar dalam merawat lansia, tujuan merawat lansia oleh keluarga, metode merawat lansia, dukungan social dalam perawatan lansia, tuntutan perawatan lansia, beban yang dirasakan caregiver, modifikasi dalam perawata lansia, mekanisme koping keluarga, sumber dukungan keluarga, kualitas hidup lansia dan keluarga dengan lansia. Perawatan lansia memerlukan pemahaman yang benar oleh keluarga yang merawat dan dengan penetapan tujuan yang benar menggunakan metode serta modifikasi perawatan dan disertai dukungan yang cukup maka lansia akan dapat mencapai kualitas hidupnya. Hal tersebut sesuai dengan harapan caregiver untuk perawatan lansia yang berkualitas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: keluarga, dukungan, caregiver, lansia
Subjects: Nursing Science
Divisions: Faculty of Nursing
Depositing User: Linda Juwita
Date Deposited: 25 May 2018 08:23
Last Modified: 25 May 2018 08:23
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/14606

Actions (login required)

View Item View Item