Hubungan Pengetahuan dan Sikap Pencegahan Penularan HIV/AIDS dengan Perilaku Seks Bebas pada Mahasiswa

Prabasari, Ninda Ayu and Juwita, Linda and Lilyana, Maria Theresia Arie (2017) Hubungan Pengetahuan dan Sikap Pencegahan Penularan HIV/AIDS dengan Perilaku Seks Bebas pada Mahasiswa. Working Paper (Laporan Penelitian Laboratorium). Fakultas Keperawatan-UKWMS, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Hubungan Pengetahuan dan Sikap Pencegahan Penularan HIV/AIDS dengan Perilaku Seks Bebas pada Mahasiswa-Fulltext)
LAPORAN PENELITIAN ninda pdf new.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Hubungan Pengetahuan dan Sikap Pencegahan Penularan HIV/AIDS dengan Perilaku Seks Bebas pada Mahasiswa-Abstrak)
Laporan Penelitian - Linda Juwita.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

Introduksi. Pada usia remaja termasuk mahasiswa perilaku beresiko tinggi seperti seks bebas selain dapat menyebabkan kehamilan tetapi juga dapat mengarah pada penularan HIV-AIDS. Metode. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis rancangan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang HIV dan sikap dengan perilaku seks bebas pada mahasiswa. populasi adalah seluruh mahasiswa/i Fakultas keperawatan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 166 orang dengan jumlah sampel 141 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil. Hasil uji spearman untuk hubungan pengetahuan dengan perilaku seks bebas serta sikap dengan perilaku seks bebas memiliki hasil yang sama yaitu ρ = 0.000, dimana α = 0.05, yang berarti ada hubungan baik pengetahuan maupun sikap dengan perilaku seks bebas. Uji regresi linier ganda diperoleh hasil ρ = 0.000 untuk kedua variable pengetahuan dan sikap dengan perilaku seks bebas. Diskusi. Dengan adanya pengetahuan yang diterima mahasiswa akan membentuk nilai yang dipercayai oleh mahasiswa dalam sikap yang ditanamkan dan akan terwujud keluar dalam pencegahan perilaku seks bebas yang baik dimana perilaku yang dilakukan dalam keseharian akan mengurangi resiko atau tidak beresiko untuk penularan penyakit HIV.

Item Type: Monograph (Working Paper (Laporan Penelitian Laboratorium))
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, sikap, perilaku, HIV-AIDS
Subjects: Nursing Science
Divisions: Faculty of Nursing
Depositing User: Linda Juwita
Date Deposited: 28 May 2018 03:53
Last Modified: 28 May 2018 03:53
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/14616

Actions (login required)

View Item View Item