Pengaruh orientasi kewirausahaan, teknologi informasi, perencanaan stratejik terhadap keunggulan bersaing dengan kinerja usaha sebagai variabel intervening (studi pada pengusaha mikro dan kecil industri pengolahan makanan di Sulawesi Utara)

Anis, Billy Josef (2018) Pengaruh orientasi kewirausahaan, teknologi informasi, perencanaan stratejik terhadap keunggulan bersaing dengan kinerja usaha sebagai variabel intervening (studi pada pengusaha mikro dan kecil industri pengolahan makanan di Sulawesi Utara). PhD thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Teknologi Informasi, Perencanaan Stratejik, terhadap Kinerja Usaha dan Keunggulan Bersaing para pengusaha mikro dan kecil industri pengolahan makanan di Sulawesi Utara. Dalam hal eksistensi para pengusaha mikro dan kecil di daerah ini khususnya industri pengolahan makanan olahan yang diteliti, para pengusaha mikro dan kecil sangat diharapkan dapat membangun kemampuan mereka untuk lebih bersaing dan memberikan nilai mutu akan produk mereka. Logika model yang ingin dibangun pada penelitian ini mengacu pada bagaimana Orientasi Kewirausahaan terbentuk pada pengusaha mikro dan kecil industri pengolahan makanan. Adapun teori dasar yang digunakan adalah Teori Kewirausahaan Lumpkin and Dess (1996). Penambahan variabel Teknologi Informasi, juga Perencanaan Stratejik adalah untuk melihat perkembangan Kinerja Usaha dan Keunggulan Bersaing para responden yang diteliti. Populasi penelitian ini adalah industri pengolahan makanan di Sulawesi Utara. Respondennya adalah para pemilik yang mengelola langsung perusahaan tersebut, dengan ukuran sampel sebesar 132 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara survei responden, dengan analisis data menggunakan SEM AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Orientasi Kewirausahaan (X1), Teknologi Informasi (X2), Perencanaan Stratejik (X3) berpengaruh dengan arah positif terhadap Kinerja Usaha (Y1) dan Keunggulan Bersaing (Y2) para pengusaha mikro dan kecil industri pengolahan makanan. Penggunaan Teknologi Informasi di para pengusaha mikro dan kecil sudah menjadi faktor acuan dalam memasarkan produk mereka ke pasar online. Data pengaruh langsung variabel laten eksogen terhadap variabel laten endogen yaitu Perencanaan Stratejik (X3) sebesar 0,196 memberikan efek langsung terbesar pada Keunggulan Bersaing (Y2) sebesar 0,899. Selanjutnya Orientasi Kewirausahaan (X1) sebesar 0,391 terhadap Kinerja Usaha (Y1). Sedangkan data pengaruh tidak langsung, dimana Kinerja Usaha (Y1) memberikan efek tidak langsung terbesar pada Orientasi Kewirausahaan (X1) terhadap Keunggulan Bersaing (Y2) sebesar 0,113. Beberapa saran manajerial juga disampaikan terkait temuan hasil penelitian.

Item Type: Thesis (PhD)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Graduate School" not defined]
Uncontrolled Keywords: Orientasi Kewirausahaan, Teknologi Informasi, Perencanaan Stratejik, Kinerja Usaha, Keunggulan Bersaing
Subjects: Business > Management
Divisions: Graduate School > Doctoral Program in Management Science
Depositing User: Users 5488 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 03:19
Last Modified: 03 Aug 2018 03:09
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/14633

Actions (login required)

View Item View Item