Penerapan model pembelajaran STAD berbantuan permainan mencocokan kartu untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan alat - alat optik

Jajul, Berta (2013) Penerapan model pembelajaran STAD berbantuan permainan mencocokan kartu untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan alat - alat optik. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (46kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelas VIII A SMP Kristen YBPK I Surabaya, pendapat dari siswa mengenai pelajaran fisika yang banyak menggunakan rumus dalam penyelesaian soal, sulit dan membosankan merupakan penyebab dari rendahnya keaktifan dan prestasi belajar siswa. Hal ini dilihat dari keaktifan siswa yang hanya mencapai 34.04%, nilai rata-rata kelas hanya 60.7 dengan prosentase ketuntasan 48.1% dari 27 orang siswa yang memenuhi Standar Ketuntasan Minimum (SKM = 72) yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD berbantuan permainan mencocokkan kartu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Sanford. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus, yang dimulai pada tanggal 26 Maret 2013 sampai 21 Mei 2013. Jumlah siswa dalam penelitian ini adalah 27 orang dengan rincian 16 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Hasil dari pelaksanaan PTK di kelas tersebut di atas mengalami peningkatan baik keaktifan maupun prestasi belajar siswa. Pada siklus I dan siklus II prosentase keaktifan melalui observasi siklus I dan siklus II adalah 62.96% dan 87.04%. Prosentase ketuntasan untuk prestasi belajar siswa pada siklus I dan siklus II adalah 74.07% dan 81.48%, sedangkan nilai rata-rata kelas mencapai 74.96 dan 82,04. Berdasarkan data-data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD berbantuan permainan mencocokkan kartu dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa SMP Kristen YBPK I Surabaya pada pokok bahasan alat-alat optik tahun ajaran 2012/2013. Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, alat-alat optik, keaktifan, dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, alat-alat optik, keaktifan, dan prestasi belajar.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2014 08:33
Last Modified: 20 Jan 2015 03:32
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/147

Actions (login required)

View Item View Item