Studi deskriptif penyesuaian diri pada mahasiswa tahun pertama di Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Ndeo, Agustina Olivia (2018) Studi deskriptif penyesuaian diri pada mahasiswa tahun pertama di Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penyesuaian diri merupakan cara seseorang dalam bereaksi terhadap tuntutan-tuntutan dari dalam atau situasi dari luar. Penyesuaian diri adalah suatu proses dimana organisme yang sederhana mematuhi tuntutan maupun peraturan yang ada dilingkungan tersebut. Penyesuaian diri memiliki 7 aspek yaitu aspek tidak adanya emosionalitas yang berlebih, tidak adanya mekanisme psikologis, tidak adanya frustasi terhadap diri sendiri, pertimbangan rasional dan pengarahan diri, kemampuan untuk belajar, penggunaan pengalaman masa lampau, sikap yang realistis dan objektif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran penyesuaian diri pada mahasiswa yang duduk di tahun pertama perkuliahan di Fakultas Psikologi UKWMS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Subjek penelitian (N=86) adalah seluruh mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2017 Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya yang masih aktif berkuliah yang disebut sebagai Total Population Study dengan menggunakan metode skala likert penyesuaian diri yang dibuat oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan penyesuaian diri pada mahasiswa termasuk dalam kategori sedang dengan perolehan persentase 66%. Semua aitem yang valid sudah mewakili setiap aspek dari penyesuaian diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined]
Uncontrolled Keywords: penyesuaian diri, mahasiswa tahun pertama
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Agustina Olivia Ndeo
Date Deposited: 24 Jul 2018 05:31
Last Modified: 24 Jul 2018 05:31
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/14743

Actions (login required)

View Item View Item