Gambaran keterlibatan orangtua terhadap kemajuan belajar pada anak usia dini yang mengalami down syndrome

Nggumba, Matilde Adelberta (2018) Gambaran keterlibatan orangtua terhadap kemajuan belajar pada anak usia dini yang mengalami down syndrome. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy

Abstract

Keterlibatan orangtua adalah investasi orangtua dalam pendidikan anak dari berbagai sumber dengan memberikan kontribusi yang positif. Keterlibatan orangtua sangat dibutuhkan bagi semua anak, karena dengan dukungan dari orangtua maka akan berpengaruh positif atau berdampak baik bagi pendidikan anak, terutama bagi anak berkebutuhan khusus seperti down syndrome. Keterlibatan orangtua terdiri dari enak aspek yakni Pendidikan Orangtua, Komunikasi, Sukarelawan, Pembelajaran di rumah, Membuat keputusan, Bekerjasama dengan komunitas masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran keterlibatan orangtua terhadap kemajuan belajar pada anak down syndrome. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologi serta menggunakan teknik wawancara. Penelitian dilaksanakan pada 2 informan yang berstatus sebagai salah satu orangtua (ibu) dari anak down syndrome. Hasil penelitian mengenai gambaran gambaran keterlibatan orangtua terhadap kemajuan belajar pada anak down syndrome menunjukkan, keterlibatan orangtua memberikan dampak kemajuan belajar pada anak down syndrome. Dampak kemajuan belajar tersebut terlihat dari perkembangan motorik, perkembangan kognitif dan sosio-emosional yang dialami oleh anak dari kedua informan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty Of Psychology" not defined]
Uncontrolled Keywords: keterlibatan orangtua, kemajuan belajar anak down syndrome
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Matilde Adelberta Nggumba
Date Deposited: 24 Jul 2018 05:32
Last Modified: 24 Jul 2018 05:32
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/14747

Actions (login required)

View Item View Item