Penerimaan penonton mengenai multikulturalisme dalam film "Cek Toko Sebelah"

Kalangi, Debora Emma (2018) Penerimaan penonton mengenai multikulturalisme dalam film "Cek Toko Sebelah". Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.output.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.output.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)

Abstract

Film Cek Toko Sebelah adalah film drama yang mengandung multikulturalisme dari isi pesannya yang dicampur dengan komedi. Pesan multikulturalisme disampaikan melalui bahasa, tindakan serta simbol yang digunakan oleh pemain. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerimaan penonton mengenai multikulturalisme yang dihadirkan oleh media yakni film dengan metode reception analysis yang berfokus pada pemaknaan atas isi media. Interpretasi khalayak terbagi dalam tiga posisi pemaknaan: dominant, negotiated dan oppositional. Peneliti menemukan terdapat unsur multikulturalisme melalui interaksi dalam film, informan cenderung lebih banyak menempatkan dirinya pada posisi dominan pada setiap scene yaitu adanya multikulturalisme dalam bentuk sapaan maupun pergaulan dalam adegan film Cek Toko Sebelah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multikulturalisme, penonton, reception analysis
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Debora Emma Kalangi
Date Deposited: 24 Oct 2018 10:46
Last Modified: 24 Oct 2018 10:46
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/14801

Actions (login required)

View Item View Item