Optimasi konsentrasi bahan dan konsentrasi etanol metode perkolasi cinnamomi cortex terhadap daya penangkap radikal dpph (1,1-difenil 2-pikrilhidrazil)

Tristantin, Maria Mahardwika Yuli (2018) Optimasi konsentrasi bahan dan konsentrasi etanol metode perkolasi cinnamomi cortex terhadap daya penangkap radikal dpph (1,1-difenil 2-pikrilhidrazil). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (559kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V A5.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu tanaman kekayaan Indonesia yang berkhasiat sebagai tanaman obat adalah kayu manis (Cinnamomum burmanni). Kayu manis mengandung golongan senyawa polifenol (tanin, flavonoid) yang memiliki potensi sebagai antioksidan. Tujuan penelitian ini adalah melakukan optimasi proses perkolasi kayu manis dengan metode factorial design 2 faktor dan 2 level (konsentrasi bahan 10% dan 20%, konsentrasi etanol 50% dan 96%) untuk mendapatkan komposisi optimum dan menentukan pengaruh konsentrasi bahan dan konsentrasi etanol serta interaksinya terhadap daya penangkap radikal DPPH. Respon yang dilihat untuk mendapatkan komposisi optimum adalah nilai IC50 dan rendemen. Proses dimulai dari standarisasi simplisia, ekstraksi sesuai desain optimasi, standarisasi ekstrak, kromatografi lapis tipis sebagai uji kualitatif daya penangkap radikal DPPH, penentuan daya penangkap radikal DPPH secara kuantitatif dan validasi persamaan polinomial untuk mendapatkan komposisi optimum. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa standarisasi simplisia dan ekstrak sesuai dengan standar Farmakope Herbal Indonesia (2008). Hasil kromatografi lapis tipis menunjukkan bahwa ekstrak memiliki kemampuan dalam menangkap radikal DPPH. Interaksi antara konsentrasi bahan dan konsentrasi etanol berpengaruh signifikan dalam menurunkan nilai IC50. Konsentrasi bahan dan konsentrasi etanol berpengaruh signifikan dalam meningkatkan rendemen. Komposisi optimum terpilih konsentrasi bahan 19,75% dan konsentrasi etanol 90,94% dengan prediksi nilai IC50 19,22 ppm dan rendemen 20,91%, sedangkan hasil pengujian diperoleh nilai IC50 13,26 ppm dan rendemen 20,95% terdapat tidak ada perbedaan bermakna antara hasil pengujian dan teoritis, sehingga persamaan polinomial valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Cinnamomum burmannii, perkolasi, daya penangkap radikal DPPH, optimasi, factorial design.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Maria Mahardwika Yuli T.
Date Deposited: 16 Jul 2018 07:08
Last Modified: 16 Jul 2018 07:08
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/14803

Actions (login required)

View Item View Item