Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan usaha dan energi

Mardiana, Triayu (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan usaha dan energi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Perangkat pembelajaran merupakan suatu metode spesifik yang digunakan sebagai pedoman pembelajaran pada materi tertentu. Dalam penelitian ini, telah dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan usaha dan energi. Penelitian ini dilakukan pada siswa di kelas X MIA 1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Perangkat pembelajaran yang dikembangan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa (BS), Lembar Kerja Siswa (LKS), LKS untuk Guru (LKSG), dan Rencana Evaluasi (RE). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah diujicobakan pada 35 siswa kelas X MIA 1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan telah memenuhi syarat kevalidan dengan kategori baik. Penelitian yang dilakukan telah memenuhi indikator keberhasilan dengan rincian keterlaksanaan RPP adalah 92,83% yaitu proses belajar mengajar terlaksana sangat baik sesuai dengan yang direncanakan, peningkatan hasil belajar dengan N-Gain Score 0,670 dengan kategori sedang, dan persentase respon siswa adalah 85,85% dengan kategori respon positif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya pada pokok bahasan usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, TPS, Usaha dan Energi, Hasil Belajar
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Triayu M.
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:20
Last Modified: 25 Jul 2018 06:20
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/14980

Actions (login required)

View Item View Item