Mardiana, Triayu (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan usaha dan energi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (980kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (306kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (667kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (911kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (212kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Perangkat pembelajaran merupakan suatu metode spesifik yang digunakan sebagai pedoman pembelajaran pada materi tertentu. Dalam penelitian ini, telah dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan usaha dan energi. Penelitian ini dilakukan pada siswa di kelas X MIA 1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Perangkat pembelajaran yang dikembangan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa (BS), Lembar Kerja Siswa (LKS), LKS untuk Guru (LKSG), dan Rencana Evaluasi (RE). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah diujicobakan pada 35 siswa kelas X MIA 1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan telah memenuhi syarat kevalidan dengan kategori baik. Penelitian yang dilakukan telah memenuhi indikator keberhasilan dengan rincian keterlaksanaan RPP adalah 92,83% yaitu proses belajar mengajar terlaksana sangat baik sesuai dengan yang direncanakan, peningkatan hasil belajar dengan N-Gain Score 0,670 dengan kategori sedang, dan persentase respon siswa adalah 85,85% dengan kategori respon positif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya pada pokok bahasan usaha dan energi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Perangkat Pembelajaran, TPS, Usaha dan Energi, Hasil Belajar |
Subjects: | Physic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program |
Depositing User: | Triayu M. |
Date Deposited: | 25 Jul 2018 06:20 |
Last Modified: | 25 Jul 2018 06:20 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/14980 |
Actions (login required)
View Item |