Optimasi tablet salut film ekstrak daun pepaya (Carica papaya l.) Menggunakan PVP K-30 sebagai pengikat dan ac-di-sol sebagai penghancur

Firdausi, Nazelia Alfin (2018) Optimasi tablet salut film ekstrak daun pepaya (Carica papaya l.) Menggunakan PVP K-30 sebagai pengikat dan ac-di-sol sebagai penghancur. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
DOC-20180723-WA0001.pdf

Download (572kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ekstrak daun pepaya memiliki bermacam khasiat, salah satunya sebagai antimalaria. Penampilan tablet ekstrak daun pepaya yang kurang menarik dan rasa pahit dapat ditutupi dengan penyalutan lapis film menggunakan Kollicoat Protect. Ekstrak diperoleh dari Borobudur Extraction Centre. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi PVP K-30, konsentrasi Ac-Di-Sol, dan interaksinya terhadap mutu fisik tablet inti ekstrak daun pepaya serta mengetahui formula optimumnya. Tablet dibuat dengan menggunakan metode granulasi basah, lalu disalut dengan menggunakan Kollicoat Protect. Optimasi konsentrasi PVP K-30 dan konsentrasi Ac-Di-Sol dilakukan menggunakan desain faktorial dengan software design expert ver 7.0. Respon yang digunakan adalah kekerasan, kerapuhan, dan waktu hancur. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan konsentrasi PVP K-30 meningkatkan kekerasan, menurunkan kerapuhan dan memperlama waktu hancur tablet. Konsentrasi Ac-Di-Sol menurunkan kekerasan, meningkatkan kerapuhan serta mempercepat waktu hancur tablet, sedangkan interaksi keduanya meningkatkan kekerasan tablet. Formula optimum diperoleh dengan menggunakan PVP K-30 4,17% dan Ac-Di-Sol 4,7% dengan memberikan hasil kekerasan 7,59 kp; kerapuhan 0,14 %; dan waktu hancur 12,65 menit. Tiga parameter ini tidak berbeda bermakna dengan hasil teoritis. Tablet salut film ekstrak daun pepaya memberikan hasil pertambahan bobot 2,51%, kekerasan 10,71 kp; kerapuhan 0,06%; dan waktu hancur 16,31 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Carica papaya, tablet salut film, konsentrasi PVP K-30, konsentrasi Ac-Di-Sol
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Nazelia Alfin Firdausi
Date Deposited: 30 Jul 2018 07:58
Last Modified: 01 Aug 2018 07:37
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/14988

Actions (login required)

View Item View Item