Optimasi tablet salut film ekstrak kulit buah delima putih (punica granatum) menggunakan PVP K-30 sebagai pengikat dan SSG sebagai penghancur

Budiyanto, Erwin (2018) Optimasi tablet salut film ekstrak kulit buah delima putih (punica granatum) menggunakan PVP K-30 sebagai pengikat dan SSG sebagai penghancur. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (670kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kulit buah delima putih memiliki berbagai macam khasiat, salah satunya sebagai antimalaria. Ekstrak kulit buah delima putih diperoleh dari Borobudur Extraction Centre. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi SSG, konsentrasi PVP K-30, dan interaksinya terhadap mutu fisik tablet inti ekstrak kulit buah delima putih serta mengetahui formula optimumnya. Tablet dibuat dengan menggunakan metode granulasi basah, lalu disalut dengan menggunakan penyalut Kollicoat Protect. Optimasi konsentrasi PVP K-30 dan konsentrasi SSG dilakukan menggunakan desain faktorial dengan software design expert ver 7.0. Respon yang digunakan adalah kekerasan, kerapuhan, dan waktu hancur. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan konsentrasi PVP K-30 meningkatkan kekerasan dan mengurangi kerapuhan, serta memperlama waktu hancur tablet inti. Konsentrasi SSG mempercepat waktu hancur. Interaksi konsentrasi PVP K-30 dengan konsentrasi SSG tidak memberikan pengaruh signifikan pada kekerasan, kerapuhan, dan waktu hancur. Formula optimum yang diperoleh adalah PVP K-30 0,80% dan SSG 3,88% yang memberikan hasil yaitu kekerasan 6,22 kp; kerapuhan 0,34%; dan waktu hancur 23,11 menit. Ketiga parameter ini tidak berbeda bermakna dengan hasil teoritis. Setelah disalut fim menghasilkan tablet salut dengan pertambahan bobot 2,33%; kekerasan 6,46 kp; kerapuhan 0,16%; dan waktu hancur 32,56 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Konsentrasi PVP K-30, konsentrasi SSG, Punica granatum, tablet salut film
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Erwin Budiyanto
Date Deposited: 30 Jul 2018 07:46
Last Modified: 01 Aug 2018 07:40
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/14996

Actions (login required)

View Item View Item