Penerapan model pembelajaran direct instruction berbantuan mecromedia flash untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII A SMPK St. Stanislaus Surabaya

Mirnawati, . (2013) Penerapan model pembelajaran direct instruction berbantuan mecromedia flash untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII A SMPK St. Stanislaus Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (831kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (71kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Melalui observasi awal yang dilakukan di SMPK St. Stanislaus Surabaya diperoleh bahwa keaktifan siswa kelas VIII A masih tergolong kurang aktif, hal ini dapat dilihat dari skor prosentase keaktifan siswa yaitu 54,16%, untuk prestasi belajar fisika kelas VIII A masih tergolong rendah berdasarkan hasil ulangan terakhir fisika hanya 41,67% yang memenuhi SKM yaitu 70. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII A SMPK St. Stanislaus Surabaya. Setelah dilakukan penelitian, menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Direct Instruction berbantuan Macromedia Flash dapat meningkatkan kekatifan dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari prosentase peningkatan keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran fisika yaitu 54,16% untuk observasi awal menjadi 79,17% pada siklus I dan pada siklus II 91,16%, untuk prosentase ketuntasan. Pada siklus I yaitu 62,5% dengan skor rata-rata kelas mencapai 70,87, sedangkan pada siklus II prosentase ketuntasan siswa 87,5% dengan skor rata-rata kelas mencapai 82,2. Untuk keterlaksanaan RPP secara keseluruhan dikategorikan sangat baik, hal ini dapat dilihat dari perolehan prosentase keterlaksanaan pada siklus I, RPP I (90,25%) dan RPP 2 (93%), sedangkan pada siklus II, RPP 3 (97%) dan RPP 4 (98,5%). Kata Kunci : Keaktifan belajar, Pengajaran Langsung, PTK, Prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2014 01:15
Last Modified: 20 Jan 2015 03:41
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item View Item