Hubungan perilaku merokok anggota keluarga dengan kejadian infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) pada anak usia di bawah tiga tahun (Batita)

Gharmana, Wilhelmina Dwi Wanda (2018) Hubungan perilaku merokok anggota keluarga dengan kejadian infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) pada anak usia di bawah tiga tahun (Batita). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Merokok adalah salah satu perilaku hidup yang tidak sehat yang dapat merugikan, dan sangat menganggu bagi diri sendiri maupun orang lain. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya hubungan perilaku merokok anggota keluarga dengan kejadian infeksi saluran pernafasan akut pada anak batita. Desain penelitian ini adalah korelasional dan cross sectional. Populasinya adalah 46 keluarga di RW 03 Kelurahan Keputran yang merokok dan tinggal satu rumah dengan anak batita, yang keseluruhannya dijadikan sampel sehingga teknik pengambilan sampelnya adalah Total Sampling. Variabel independen adalah perilaku merokok dan variabel dependen adalah kejadian infeksi saluran pernafasan akut. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner perilaku merokok anggota keluarga dan kejadian infeksi saluran pernafasan akut yang valid dan reliabel. Uji hipotesis menggunakan statistik Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan yang kuat,positif dan signifikan antara perilaku merokok anggota keluarga dengan kejadian infeksi saluran pernafasan akut pada anak.Semakin berat perilaku merokok anggota keluarga maka semakin tinggi kejadian infeksi saluran pernafasan akut pada anak. Melalui promosi kesehatan, perilaku merokok di sosialisasikan untuk semakin dikurangi hingga dihentikan. Keadaan yang menguntungkan ini diharapkan menurunkan kejadian infeksi saluran pernafasan akut yang berlanjut pada penurunan angka kematian batita oleh infeksi saluran pernafasan akut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Batita,Infeksi saluran pernafasan akut, Perilaku merokok
Subjects: Nursing Science
Divisions: Book > Nursing Science Study Program
Depositing User: Wilheimina Dwiwanda
Date Deposited: 30 Jul 2018 08:14
Last Modified: 30 Jul 2018 08:14
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/15038

Actions (login required)

View Item View Item