Pengembangan perangkat pembelajaran fisika model kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan dinamika partikel

Kartikasari, Chrisa Paramitha (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran fisika model kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan dinamika partikel. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (761kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (756kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Hangtuah 4 Surabaya yang menghasilkan perangkat pembelajaran yang terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa (BS), Lembar Kerja Siswa (LKS), Lembar Kerja Siswa untuk Guru (LKSG), dan Rencana Evaluasi (RE) yang telah melewati uji ahli dan telah diuji cobakan. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan model pengembangan 4-D Thiagarajan, Sammel, dan Sammel (1947) meliputi define, design, development, disseminate. Model pengembangan dalam penelitian ini telah direduksi menjadi 3-D. Kualitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan meliputi: 1) Perangkat pembelajaran valid, praktis, efektif dan keterlaksanaan RPP 83,335% dengan kategori “sangat baik”, hasil validasi memberikan skor 3,35 dengan kategori “baik” untuk RPP, 3,49 dengan kategori “sangat valid” untuk Buku Siswa, 3,56 dengan kategori “sangat valid” untuk LKS, dan 3,45 dengan kategori “sangat valid” untuk RE. 2) Hasil belajar berdasarkan N-Gain yaitu 0,69 dengan kategori “sedang”. Perangkat pembelajaran ini diujicobakan pada kelas X-MIA 2. Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika mampu meningkatkan hasil belajar siswa SMA Hang Tuah 4 Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajara n, Hasil Belajar, Tipe Think Pair Share
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Chrisa P.
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:23
Last Modified: 09 Aug 2018 04:23
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/15060

Actions (login required)

View Item View Item