Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan variasi pertumbuhan laba antar segmen pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016

Sugianto, Edwin (2018) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan variasi pertumbuhan laba antar segmen pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu strategi perusahaan agar dapat bertahan yaitu dengan melakukan diversifikasi. Perusahaan yang melakukan diversifikasi akan membuat segmentasi, dimana dalam tiap segmen yang dimiliki oleh perusahaan tentu memiliki laba masing-masing dan laba tersebut dapat berbeda antar segmen, inilah yang disebut variasi pertumbuhan laba antar segmen. Hal ini perlu disampaikan kepada pihak eksternal seperti pemegang saham serta kreditor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh proprietary cost, agency cost, struktur modal, dan pertumbuhan perusahaan terhadap pengungkapan variasi pertumbuhan laba antar segmen. Desain penelitian adalah kuantitatif dengan hipotesis. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif, berupa laporan keuangan yang diperoleh dari website BEI. Populasi penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI, dengan kriteria sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proprietary cost dan struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan variasi pertumbuhan laba antar segemen. Hal ini diduga karena lingkungan persaingan perusahaan tidak mempengaruhi manajemen dalam melakukan pengungkapan informasi dan proporsi hutang yang tinggi membuat manajemen tidak termotivasi untuk mengungkapkan laporannya dengan lengkap. Agency cost berpengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan variasi pertumbuhan laba antar segmen karena dampak dari biaya agensi. Pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan variasi pertumbuhan laba antar segmen, hal ini menunjukan bahwa meskipun pertumbuhan perusahaan kecil, manajemen tetap melakukan pengungkapan variasi pertumbuhan laba antar segmen dengan lengkap. Kata Kunci: Pengungkapan variasi pertumbuhan laba antar segemen, proprietary cost, agency cost, struktur modal, pertumbuhan perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan variasi pertumbuhan laba antar segemen, proprietary cost, agency cost, struktur modal, pertumbuhan perusahaan.
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Edwin Sugianto
Date Deposited: 02 Aug 2018 10:36
Last Modified: 02 Aug 2018 10:37
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/15183

Actions (login required)

View Item View Item