Dukungan Suami dengan Keberhasilan Isteri untuk Menyusui (Husband Support in Wife Breastfeeding Succes).

Werdani, Yesiana Dwi Wahyu and Sawo, Elisabeth Bebhe (2015) Dukungan Suami dengan Keberhasilan Isteri untuk Menyusui (Husband Support in Wife Breastfeeding Succes). JURNAL NERS LENTERA, 3 (1). pp. 10-20. ISSN 2338-6241

[img]
Preview
Text (Dukungan Suami dengan Keberhasilan Isteri untuk Menyusui (Husband Support in Wife Breastfeeding Succes).)
8-Dukungan_suami_.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (Dukungan Suami dengan Keberhasilan Isteri untuk Menyusui (Husband Support in Wife Breastfeeding Succes).)
8-Dukungan_suami_Hasil Cek Similarity.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Dukungan Suami dengan Keberhasilan Isteri untuk Menyusui (Husband Support in Wife Breastfeeding Succes)_peer_review)
8-R1&2_Dukungan_Suami_dengan_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)

Abstract

Angka keberhasilan isteri menyusui minimal selama enam bulan belum mencapai 80% target dari World Health Organization. Suami sebagai pasangan yang ikut bertanggungjawab terhadap kesehatan dan kesejahteraan anak, diharapkan mendukung isteri dalam masalah menyusui. Bagaimanakah hubungan dukungan suami dengan keberhasilan isteri untuk menyusui? Metode: Dua penelitian dilakukan di dua daerah Surabaya Tengah dengan 30 isteri dan 30 suami. Mereka mengisi kuesioner berskala Likert yang itemnya valid dan reliabel. Kuesioner pertama berisi pernyataan tentang dukungan suami, dan kedua berisi pernyataan tentang keberhasilan menyusui lebih dari enam bulan, baik secara eksklusif atau tidak. Data kedua kuesioner dianalisis secara statistik dengan uji korelasi Spearman. Hasil: Dukungan suami dengan keberhasilan isteri untuk menyusui berkorelasi positif dan signifikan. Pembahasan: Dukungan suami dalam membantu pekerjaan rumah tangga, melibatkan diri dalam merawat anak, memperhatikan asupan isteri yang memadai, memberi isteri dan anak kenyamanan dalam proses menyusui, serta meyakinkan isteri untuk dapat menyusui, merupakan dukungan positif. Dukungan ini berimbas positif pada usaha isteri untuk berhasil menyusui. Kesimpulan: Dukungan suami yang praktis dan emosional, yang meringankan beban isteri dalam berkeluarga serta menghargai dan membesarkan semangat, menjadi kekuatan isteri untuk berhasil menyusui. Temuan ini dapat disosialisasikan dalam program Promosi Kesehatan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: dukungan suami, proses menyusui, keberhasilan isteri
Subjects: Nursing Science
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 31 Jul 2018 03:42
Last Modified: 14 Jun 2019 06:47
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/15195

Actions (login required)

View Item View Item