Pengaruh Senam Jantung Terhadap Durasi Penurunan Tekanan Darah dan Nadi Istirahat pada Hipertensi Stadium 1.

Werdani, Yesiana Dwi Wahyu and Sawo, Elisabeth Bebhe (2015) Pengaruh Senam Jantung Terhadap Durasi Penurunan Tekanan Darah dan Nadi Istirahat pada Hipertensi Stadium 1. Jurnal Ners Lentera, 3 (1). pp. 31-39. ISSN 2338-6241

[img]
Preview
Text (Pengaruh Senam Jantung Terhadap Durasi Penurunan Tekanan Darah dan Nadi Istirahat pada Hipertensi Stadium 1.)
9-Pengaruh_senam_jantung_...pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pengaruh Senam Jantung Terhadap Durasi Penurunan Tekanan Darah dan Nadi Istirahat pada Hipertensi Stadium 1.)
9-Pengaruh_senam_jantung_hasil_cek_plagiasi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pengaruh Senam Jantung Terhadap Durasi Penurunan Tekanan Darah dan Nadi Istirahat pada Hipertensi Stadium 1_peer_review)
9-R1&2_Pengaruh_Senam_Jantung_Terhadap_.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Perubahan gaya hidup dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap terjadinya hipertensi. Salah satu penatalaksanaan hipertensi dapat berupa terapi non farmakologis yaitu senam jantung. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh senam jantung terhadap durasi penurunan tekanan darah dan nadi istirahat pada pasien hipertensi stadium 1. Metode: Desain yang digunakan adalah Time Series Design. Populasi pasien hipertensi stadium 1 yang berada di wilayah Dinoyo RW IV, dengan jumlah sampel 15 responden, yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Variabel independen adalah senam jantung, variabel dependen adalah durasi penurunan tekanan darah dan nadi istirahat. Alat ukur yang digunakan adalah sphygnomanometer mercury, stetoscope, jam tangan analog. Data dianalisis dengan uji Paired T-Test. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan darah mulai tampak adanya penurunan yang signifikan pada minggu ke-4, dengan nilai p = 0,042 untuk tekanan darah sistole dan 0,027 untuk tekanan darah diastole. Sedangkan penurunan signifikan pada nadi istirahat mulai tampak pada minggu ke-3, dengan nilai p = 0,04. Pembahasan: Hal ini dikarenakan terjadinya perubahan proses adaptasi dan peningkatan elastisitas pembuluh darah pada latihan fisik yang dilakukan secara teratur. Kesimpulan: Senam jantung efektif untuk meningkatkan elastisitas pembuluh darah pada penderita hipertensi stadium 1.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: senam jantung, tekanan darah, nadi istirahat
Subjects: Nursing Science
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 31 Jul 2018 03:54
Last Modified: 06 Sep 2018 02:36
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/15196

Actions (login required)

View Item View Item