Kesiapan mahasiswa keperawatan dalam aspek pengetahuan dan general skills untuk menghadapi Asean Economic Community (AEC) 2015

Werdani, Yesiana Dwi Wahyu (2017) Kesiapan mahasiswa keperawatan dalam aspek pengetahuan dan general skills untuk menghadapi Asean Economic Community (AEC) 2015. Jurnal Ners Lentera, 5 (1). pp. 96-105. ISSN 2338-624X

[img]
Preview
Text (Kesiapan mahasiswa keperawatan dalam aspek pengetahuan dan general skills untuk menghadapi Asean Economic Community (AEC) 2015)
11-Kesiapan_mahasiswa_...pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesiapan mahasiswa keperawatan dalam aspek pengetahuan dan general skills untuk menghadapi Asean Economic Community (AEC) 2015)
11-Kesiapan_mahasiswa_hasil_cek_plagiasi.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesiapan mahasiswa keperawatan dalam aspek pengetahuan dan general skills untuk menghadapi Asean Economic Community (AEC) 2015_peer_review)
11-R1&2_Kesiapan_mahasiswa_.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Asean Economic Community (AEC) adalah persaingan pasar bebas di negara-negara ASEAN dalam bidang barang, jasa, investasi, tenaga kerja terdidik, dan aliran modal. Tenaga perawat merupakan salah satu sektor jasa yang memiliki mobilitas luas, sehingga mahasiswa keperawatan yang merupakan ujung tombak generasi dapat memiliki kesempatan untuk meraih peluang kerja yang kompetitif. Tujuan penelitian mengetahui kesiapan mahasiswa keperawatan dalam aspek pengetahuan dan general skills dalam menghadapi Asean Economic Community 2015. Metode: Desain penelitian deskriptif, populasi adalah seluruh mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta di Surabaya. Jumlah sampel sebanyak 106 mahasiswa yang diambil dengan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitasnya. Hasil: pengetahuan responden tentang ASEAN dan 3 pilar ASEAN, mayoritas berada pada tingkatan cukup dengan persentase masing-masing secara berurutan yaitu sebesar 61% dan 50%. Mayoritas kemampuan general skills dalam bahasa inggris pada tingkatan baik yaitu sebesar 47% dan kemampuan teknologi informasi pada tingkatan sangat baik 72%. Diskusi: Belum optimalnya pengetahuan responden tentang ASEAN dikarenakan belum cukupnya paparan informasi melalui pembelajaran resmi ataupun media massa. General skills dalam berbahasa inggris dan penguasaan teknologi informasi merupakan bekal dasar dalam menghadapi AEC.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: AEC, general skills, pengetahuan, mahasiswa keperawatan
Subjects: Nursing Science
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 31 Jul 2018 04:11
Last Modified: 06 Sep 2018 02:40
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/15198

Actions (login required)

View Item View Item