Analisi pengaruh rasio keuangan keuangan dan pertumbuhan laba terhadap kebijakan dividen

Damayanti, A. Dwina (2018) Analisi pengaruh rasio keuangan keuangan dan pertumbuhan laba terhadap kebijakan dividen. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic Unviersity Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan dividen merupakan kebijakan yang diatur oleh perusahaan mengenai proporsi pembagian laba yang akan ditahan sebagai laba ditahan dan dibagikan kepada pemegang saham sebagai dividen. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh current ratio, debt to equity ratio, return on equity, total asset turnover, dan pertumbuhan laba terhadap kebijakan dividen. Penelitian ini mengukur kebijakan dividen dengan menggunakan dividend payout ratio. Desain penelitian adalah kuantitatif dengan hipotesis. Jenis data kuantitatif berupa laporan tahunan perusahaan manufaktur. Sumber data laporan tahunan diperoleh dari website BEI berupa data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dari data sekunder dengan mengumpulkan data yang berkaitan dengan penelitian. Objek dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2016. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah return on equity berpengaruh signifikan positif terhadap kebijakan dividen. return on equity yang tinggi akan menunjukan tingginya laba yang diperoleh perusahaan. Laba tersebut dapat digunakan untuk dibagikan sebagai dividen atau ditahan sebagai laba ditahan oleh perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa current ratio, debt to equity ratio, total assets turnover tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap kebijakan dividen. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa Pertumbuhan laba tidak berpengaruh signifikan dan negative terhadap kebijakan dividen. Pertumbuhan laba yang tidak stabil membuat perusahaan lebih fokus untuk perbaikan operasi perusahaan daripada membagikannya kepada pemegang saham berupa dividen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan dividen, current ratio, debt to equity ratio, return on equity, total asset turnover, pertumbuhan laba.
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: A. Dwina Damayanti
Date Deposited: 01 Aug 2018 02:19
Last Modified: 01 Aug 2018 02:19
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/15213

Actions (login required)

View Item View Item