Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi

Sleiter, Namira (2018) Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan perekonomian di Indonesia yang mengalami perkembangan pesat menyebabkan persaingan di bidang bisnis cukup ketat sehingga menuntut perusahaan untuk menjadi unggul dan berdaya saing. Akibatnya, banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk memaksimalkan keuntungan yang diperolehnya. Peningkatan profitabilitas sendiri diikuti oleh banyaknya item pengungkapan CSR karena selain memperoleh keuntungan (profit), perusahaan juga harus memperhatikan dan terlibat pada pemenuhan kesejahteraan masyarakat (people), serta turut berkontribusi aktif menjaga kelestarian lingkungan (Planet) dengan melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility dan mengungkapkannya. Hal ini dikarenakan, pengungkapan CSR dapat memperkuat sinyal positif dari perusahaan pada para stakeholdernya yang merupakan para investor bahwa perusahaan memiliki nilai yang tinggi. Sehingga, investor yakin bahwa perusahaan tersebut memiliki kinerja yang baik dan memiliki prospek bagus untuk kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan CSR sebagai variabel moderasi. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian-penelitian terdahulu adalah penggunaan Price to Book Value (PBV) untuk mengukur nilai perusahaan. Desain penelitian ini adalah pengujian hipotesis dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data pada penelitian ini adalah data sekunder, yang berasal dari laporan tahunan perusahaan manufaktur terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2014-2016. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pengungkapan CSR sebagai variabel moderasi pada hubungan profitabilitas terhadap nilai perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: profitabilitas, nilai perusahaan, pengungkapan CSR.
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Namira Sleiter
Date Deposited: 01 Aug 2018 03:33
Last Modified: 01 Aug 2018 03:33
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/15225

Actions (login required)

View Item View Item