Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer yang interaktif dan mandiri pada pokok bahasan kinematika gerak lurus

Koswojo, Jane, (2013) Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer yang interaktif dan mandiri pada pokok bahasan kinematika gerak lurus. Other thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kinematika gerak lurus (KGL) merupakan bagian dari mekanika yang mengkaji pergerakan benda di lintasan yang berupa garis lurus. Secara umum, KGL bukanlah suatu materi yang sulit. Hanya saja banyak guru yang menghadapkan siswa langsung pada rumus sehingga KGL menjadi tidak menarik, bahkan siswa menjadi kehilangan motivasi belajar. Oleh karena itu perlu dikembangkan media pembelajaran sedemikian rupa sehingga siswa tidak menyadari bahwa mereka telah diarahkan kepada rumus-rumus. Penelitian ini bertujuan membuat media pembelajaran berbasis komputer yang memuat animasi, video, dan simulasi yang dapat mendeskripsikan kajian Kinematika Gerak Lurus dengan menggunakan program adobe flash. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis komputer. Pembuatan media dilakukan di Prodi Pendidikan Fisika dengan sasaran pengguna siswa SMA. Penelitian ini diujicobakan pada 15 responden mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya sebagai bagian dari uji terbatas. Hasil uji coba menunjukan bahwa 40% responden menyatakan bahwa media ini sangat baik, dan 60% menyatakan bahwa media ini baik. Sedangkan 28 responden siswa SMAK St Agnes Surabaya sebagai bagian dari uji lapangan memberikan hasil 12 orang xvi (42.86%) pada kategori media pembelajaran sangat baik, 16 orang (57.14%) menyatakan media ini baik. Secara umum, media pembelajaran yang dibuat menarik, dapat sebagai media pembelajaran mandiri dan dapat mempermudah pemahaman pada pokok bahasan kinematika gerak lurus. Kata kunci: kinematika gerak lurus, media pembelajaran berbasis komputer, animasi, video, dan simulasi.

Item Type: Thesis (Other)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty Of teacher training and education" not defined]
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2014 02:20
Last Modified: 01 Oct 2014 02:20
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/153

Actions (login required)

View Item View Item